Minggu ke-III – Agustus 2020

LOYAL DAN RELA BERKORBAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: RUTH 1:1-18

Di era kemajuan teknologi ini, salah satu hal yang meningkat penyebarannya adalah sikap hidup individualistis. Orang tidak mau dicampuri oleh orang lain, lebih suka menyendiri dan bersikap independen. Kali ini kita akan belajar dari kehidupan Rut soal loyal dan rela berkorban. Apa saja keteladanan yang diberikannya:

  1. TETAP SETIA (ay. 5, 16)

Meskipun Rut adalah seorang perempuan Moab, namun ia menunjukkan kesetiaan untuk tetap menyembah Allah Israel meskipun suaminya sudah meninggal. Situasi dan kondisi bisa mengubah kesetiaan seseorang, apalagi kalau keadaannya negatif. Tetapi yang kita lihat, keputusan Rut adalah untuk tetap setia kepada Allah dalam ayat 16. Kesetiaan kepada Allah diuji dengan keadaan-keadaan yang pahit dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Ceritakanlah pengalaman Anda mempertahankan kesetiaan kepada Allah di tengan situasi sulit!

  1. TETAP RELA BERKORBAN (2:8)

Meskipun sudah ada para penyabit gandum, tetapi Rut tetap mau menjadi pemungut jelai. Karena pengorbanannya itu, Rut mendapatkan belas kasihan Boas. Jangan sampai kita terhitung sebagai orang-orang yang menyalahgunakan kesempatan. Sampai di manapun Tuhan memimpin kita naik, tetaplah bersikap rendah hati dan memiliki kerelaan berkorban.

Apa yang Anda lakukan jika posisi atau kedudukan menggoda Anda untuk menjadi tinggi hati?

  1. TETAP DALAM RENCANA TUHAN (4:14-17)

Dari seorang perempuan Moab, Tuhan bisa melahirkan Obed yang menurunkan Isai, ayah Daud. Sikap loyal dan rela berkorban yang ditunjukkan Rut, membawanya ke dalam “aliran” kehendak dan rencana Tuhan. Jika dirunut lagi ke depan, dari keturunannya jugalah kelak Kristus akan dilahirkan. Dari sini kita belajar untuk taat mengerjakan bagian kita dan biarlah Tuhan mengerjakan bagian-Nya.

Ceritakan pengalaman penggenapan rencana Tuhan di dalam hidup Anda!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Praktekkan prinsip-prinsip di atas sambil tetap berjuang untuk menjadi pribadi yang loyal dan rela berkorban.