4 Tips ini Akan Membantu Kamu Menghadapi Kekesalan Yang Melanda Harimu

170808134922

Kita memang nggak selalu bisa mengharapkan semua teman atau orang lain melakukan seperti yang kita kehendaki, sering sekali sekitar membuat kita kesal dan kehilangan damai sejahtera. Hal ini bisa membuat kamu menjadi gila dan kesal sepanjang hari atau justru menghadapinya dengan santai.

Beberapa di antara kamu mungkin saja pernah merasakan kekesalan yang membuat hari-hari kamu menjadi gelap dan nggak damai sejahtera. Hal seperti ini patut dihindari dan dibereskan. Caranya gimana?

Berikut tips buat kamu yang sering menghadapi kekesalan dan cara menghadapinya :

1. Bicarakan baik-baik dengan rendah hati (jangan terbawa emosi)

Kekesalan bisa terjadi dimana saja, di ruang meeting, di kantor, di rumah bahkan di jalan. Kita nggak bisa dong mengatur kapan kekesalan mendatangi kita. Emang bisa? Pastinya nggak ya!

Kekesalan itu ada karena perbedaan pendapat secara langsung ataupun nggak langsung.

Nah, kalau hal ini terjadi sama kamu segera bicarakan baik-baik dan beri masukan lain (ini biasa dilakukan saat meeting bersama di kantor atau di rumah). Tapi ingat lho ya, bicarakan dengan baik dan nggak pakai emosi.

Matius 11:29 menuliskan “..Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat bedoa”. Dan kata “berdoa” dalam konteks ini bisa diartikan dengan kata “Bicara dengan baik”. Pernah kah ketemu orang yang dapat bicara baik-baik saat emosi dan buru-buru.

2 . Senyumin aja

Saya percaya bahwa ini adalah hal tersulit yang dilakukan saat kesal. “Boro-boro mau senyum, kontrol amarah saja susah banget”. Tapi percaya deh marah dan maki nggak akan membereskan semuanya, saya akui bahwa marah memberi sebuah kepuasan tersendiri. Tapi saat itu diluapkan ditengah rasa kesal hal itu cuma akan semakin memperburuk keadaan. Kamu bisa hilang damai sejahtera, rasa respect dari teman-teman, di musuhi sama adik, berantem dengan orangtua dan bahkan bisa diejek atau dicibir dengan kata-kata yang nggak baik dari orang-orang. Jadi kalau ada yang buat kamu kesal, senyumin aja ya. ingatlah perumpamaan yang bilang kalau “senyum itu adalah sebagian dari ibadah”.

3. Ampuni dan doakan mereka

Matius 5:44 berkata “Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu”.

Firman ini di sampaikan oleh Yesus kepada orang-orang di atas bukit, dan tentu saja firman ini nggak hanya untuk orang-orang di sana tetapi juga bagi kita semua.
Masih ingat kisah Yesus saat disalibkan? Ada satu kalimat menarik yang di ucapkan Yesus ketika di kayu salib, katanya “Ya Bapa, Ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan”(Matius 23:34).

Tidakkah Yesus sudah cukup membayar harga yang mahal semasa di bumi? Bahkan nggak pernah sekalipun Yesus melakukan sesuatu yang bejat di hadapan Allah, Dia melakukan yang terbaik. Namun kenyataannya bahwa semua orang malah menghina, memfitnah dan menjatuhkanNya hingga Dia disalibkan. Menurut kamu waktu itu Yesus merasa kesal nggak? Kesal dong, karena Dia juga manusia. Tetapi ayat di atas meneguhkan kalau Yesus justru mendoakan mereka dan mengampuninya.

Nah, kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Coba doakan mereka dan mencoba mengampuni mereka, ini salah satu tindakan profetik dimana kamu sedang berupaya menaati firman Allah sesuai dengan Matius 23:24.

4. Menerima dengan lapang dada

Semua orang bisa melakukan kesalahan. Nggak hanya mereka tetapi kamu juga. Jadi terima lah dengan lapang dada dan jangan di ungkit-ungkit lagi ya.

Demikian tips yang bisa kamu ikuti saat kamu tengah menghadapi kekesalan dalam perjalanan hari-hari kamu.

Gimana? Kamu siap mencobanya?

Sumber : Naomi Simbolon