6 Kunci Produktifitas Bagi Orang Introvert

150128142227

Orang introvert memiliki konsentrasi yang besar dan memampukan mereka untuk menggali lebih dalam sesuatu serta bekerja dengan sukacita dalam ketenangan dalam waktu yang panjang. Namun dalam dunia kerja yang bergerak dengan cepat saat ini, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh orang-orang dengan tipe introvert, seperti serbuan email, ganguan dan stimulasi internal, hal itu membuat mereka letih dan kehilangan fokus.

Jika Anda termasuk orang introvert tentu merasakan tekanan tersebut setiap hari. Namun jika Anda bisa menghalau semua gangguan itu dan dapat tetap fokus bekerja, maka Anda bisa menyelesaikan banyak yang membuat Anda akan merasakan kepuasan dalam bekerja. Berikut ini adalah tips bagi Anda untuk membantu mengatasi gangguan sehingga bisa memaksimalkan produktifitas Anda dalam bekerja :

1. Jagalah rasa damai dalam hati Anda

Menurut penelitian, hampir 80% peserta survei memeriksa handphone mereka 15 menit setelah mereka bangun pagi. Namun bagi orang introvert, konsentrasi dan pikiran yang jernih adalah aset yang penting, untuk itu batasi akses Anda terhadap handphone, internet dan sosial media pada saat bangun pagi. Sebab dengan mengisi pikiran Anda dengan berbagai informasi baru setelah bangun pagi akan membuat pikiran Anda berkabut dan menurunkan semangat Anda. Untuk menjaga agar Anda tetap fokus, mulai pagi Anda dengan sesuatu yang positif dan tenang seperti saat teduh.

2. Selesaikan pekerjaan yang paling sulit terlebih dahulu

Bagi orang introvert, pagi hari seringkali menjadi saat-saat ajaib karena saat tersebut pikiran Anda masih jernih dan energi Anda pada titik yang tertinggi. Jadi gunakanlah kesempatan itu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang paling sulit terlebih dahulu. Jika Anda berhasil mengatasi pekerjaan sulit itu di awal waktu kerja Anda, hal tersebut akan menjadi bahan bakar untuk menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya dengan penuh semangat.

3. Abaikan ganggguan

Semakin siang, orang introvert biasanya akan sangat terganggu dengan berbagai gangguan yang datang. Untuk itu mereka harus berupaya untuk meminimalisasi gangguan yang datang sehingga tetap bisa konsentrasi pada pekerjaannya. Contohnya mengatur waktu kapan untuk mengecek email, membuat jadwal apa yang akan dikerjakan dan kapan pertemuan atau meeting.

4. Istirahat secara teratur

Baik orang introvert maupun ekstrovert bisa mengalami kelelahan dan stres dengan banyaknya tekanan pekerjaan. Untuk itu sangat penting memiliki waktu istirahat yang teratur sebelum mengalami kelelahan mental yang bisa berakibat buruk. Saat makan siang, cobalah berjalan kaki di sekitar kantor, lakukan perenggangan, atau carilah tempat yang cukup sepi untuk menyendiri sejenak atau tidur siang sebentar. Selain itu juga buatlah rencana untuk liburan atau cuti.

5. Olahraga

Jika beban pekerjaan Anda menumpuk, mungkin Anda akan berpikir bahwa olahraga hanya menghabiskan waktu saja. Namun faktanya, riset menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga di pekerjaan akan lebih merasa bahagia, tenang dan lebih produktif dari pada saat mereka tidak berolahraga. Selain itu olahraga juga memperkuat daya tahan tubuh Anda dan membantu mengurangi kesalahan yang akan memperlambat Anda bekerja. Dari pada melihat olahraga hanya sebagai tugas atau sebaliknya hobi, lihatlah hal itu sebagai investasi untuk diri Anda sendiri. Gaya hidup sehat dapat membantu Anda memerangi stres dalam pekerjaan.

6. Bebaskan diri Anda

Dengan adanya internet, apa saja dalam kehidupan ini bisa terhubung dalam satu gadget. Namun hal ini juga mempengaruhi pola hidup, banyak orang tidak bisa melepaskan dirinya dari gadgetnya, baik itu handphone, tablet atau laptopnya. Hal tersebut sudah seperti kecanduan. Kondisi ini bisa mengganggu kehidupan mental dan spiritual seseorang, untuk itu Anda perlu membuat waktu khusus dimana Anda bebas dari gadget dan internet dan terhubung dengan orang sekitar Anda secara langsung. Ajaklah pasangan Anda makan malam, atau berkumpullah dengan keluarga atau teman untuk berbincang dengan mereka. Percayalah, hal itu akan menjadi momen di mana Anda seperti sedang mengisi ulang jiwa Anda sehingga membuat Anda semangat saat kembali bekerja.

Sumber : Forbes.com | Puji Astuti