9 Manfaat Membangun Pernikahan dengan Dasar Kebenaran Firman Tuhan

171004115947

Bukti kasih Tuhan bagi kita adalah kerelaanNya Yesus mengorbankan diri-Nya di kayu salib menggantikan kita dan bangkit dengan penuh kemenangan dari antara orang mati. Dia naik ke surga dan bertahta, lalu mengutus Roh Kudus sebagai penolong bagi seluruh umat manusia dari segala suku, bangsa dan bahasa.

Kalau Tuhan saja menebus semua orang dari sebagai dosa yang reka-reka si iblis, maka Dia pun berkuasa menebus pernikahanmu. Karena pernikahan adalah rancangan Tuhan, maka Dia pun bertanggung jawab untuk membawa suatu pernikahan sampai pada tujuanNya.

Karena itulah sebuah pernikahan tak bisa dipisahkan dari kehendak Tuhan. Dan salah satu cara untuk mengetahui kehendak-Nya adalah dengan membangun pernikahan dengan dasar firman Tuhan.

Berikut 9 manfaat membangun pernikahan di atas dasar firman Tuhan:

1. Karena firman Tuhan, semua orang Kristen menjadi ciptaan baru (2 Korintus 5: 17). Karena itulah, dalam pernikahan, masa lalu kita tak lagi mendefinisikan siapa kita saat ini.

2. Karena firman Tuhan kita diampuni (Efesus 1: 7). Karena itulah kita bisa hidup bebas dari penyesalan dan bisa menikmati hidup tanpa rasa bersalah. Kita bisa mempercayai bahwa Dia dengan segala rahmat-Nya akan mengasihi kita.

3. Karena firman Tuhan kita dimampukan untuk mengampuni, sama seperti Kristus mengampuni kita (Efesus 4: 32). Tak ada yang mampu menantang kita dengan mengandalkan dosa kita. Karena itu semua pelanggaran, permusuhan dan kepahitan diantara orang Kristen telah diampuni dan dihapus oleh Tuhan untuk selamanya.

4. Karena firman Tuhan, kita diterima oleh Bapa (Roma 15: 7). KArena itulah kita tak lagi bergantung pada pasangan yang kita tuntut untuk memenuhi segala kebutuhan kita.

5. Karena firman Tuhan, kuasa dosa dihancurkan (Roma 6: 6, 14). Karena itulah kita bisa benar-benar taat kepada kehendak Tuhan atas pernikahan kita, terlepas dari situasi apapun yang kita jalani.

6. Karena firman Tuhan, kita punya akses langsung dengan Bapa melalui Yesus (Ibrani 4: 14-16). Karena itulah kita bisa mendapatkan segala sesuatu yang kita butuhkan dalam pernikahan. Sebab kita percaya bahwa Dia adalah Tuhan yang sanggup melakukan segala sesuatunya.

7. Karena firman Tuhan, kita memiliki pengharapan (Roma 5: 1-4). Karena itulah, kita bisa menanggung kesukaran, kesulitan, atau penderitaan dalam sebuah pernikahan, dengan kepastian bahwa Tuhan bekerja untuk kebaikan kita (Roma 8: 28).

8. Karena firman Tuhan, Kristus berdiam di dalam kita melalui Roh Kudus-Nya (Galatia 3: 13-14). Karena itulah, kita yakin kalau Tuhan selalu bersama-sama kita dan selalu bekerja dalam pernikahan kita, bahkan di masa-masa yang tak terduga sekalipun (1 Tesalonika 5: 23-24).

9. Karena firman Tuhan, kita punya kekuatan untuk melawan dan menangkal segala godaan yang membawa kita jatuh ke dalam dosa (Roma 7: 19-21, 24-25; Galatia 5: 16-17).

Pernikahan Kristen itu bersifat kudus, menjaga dan melindungi. Jadi, Tuhan pun merancangkan pernikahan ini sebagai senjata yang paling ampuh untuk menguduskan hidup anak-anak-Nya.

Sumber : Jawaban.com