BAHAN KOMSEL AGUSTUS 2019 (I) – MENJADI CIPTAAN BARU

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: EFESUS 4:17-24

Ketika seseorang menjadi percaya kepada Kristus, maka ia menjadi ciptaan baru. Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Korintus 5:17). Kehidupan seperti apakah yang seharusnya dijalani oleh manusia baru di dalam Kristus?

 

1. BEBAS DARI PIKIRAN YANG SIA-SIA (4:17)

Sebelum mengenal Kristus, kita sering menggunakan pikiran yang sia-sia sebagaimana dibiasakan orang yang tidak mengenal Allah. Menurut ayat 18, pikiran sia-sia sangat berkaitan dengan pengertian yang gelap karena jauh dari persekutuan dengan Allah. Sekarang semuanya telah menjadi masa lalu yang harus ditinggalkan dan waktunya mengenakan pikiran Kristus. Apa yang Anda alami berkaitan dengan pikiran yang sia-sia? Bagaimana Anda melepaskan diri dari hal itu?

 

2. BEBAS DARI PERASAAN YANG TUMPUL (4:19)

Di luar Kristus, pikiran manusia telah tumpul. Itu sebabnya ketika melakukan segala macam kecemaran, mereka tidak menyadarinya. Sebagian besar malah menikmati hawa nafsu tersebut dan terus-menerus memuaskan-nya. Manusia baru di dalam Kristus diberi kemampuan untuk membebaskan diri dari kebiasaan semacam ini. Perasaannya diselaraskan dengan perasaan Kristus yang bisa diperoleh dari hubungan yang makin erat dengan Kristus.  Apa yang Anda lakukan untuk memiliki perasaan yang sama dengan Kristus?

 

3. BEBAS DARI NAFSU YANG MENYESATKAN (4:22)

Manusia lama yang dipenuhi dengan nafsu yang menyesatkan telah disalibkan bersama dengan Kristus. Nafsu menyesatkan itu memutarbalikkan hal-hal yang keliru seolah-olah menjadi kebenaran. Kita yang telah bebas dari nafsu menyesatkan itu kemudian hidup di dalam kehendak Allah dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.  Apa yang Anda kerjakan untuk membebaskan diri dari hawa nafsu duniawi?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Ingatlah status kita sebagai manusia baru di dalam Kristus yang telah dilepaskan dari manusia lama.