BAHAN KOMSEL AGUSTUS 2019 (II) – LEPAS DARI KEBIASAAN BURUK

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: EFESUS 4:26-29

Sesuatu yang dibiasakan dan tak segera ditinggalkan, biasanya akan mendarah daging dan kemudian mengerak menjadi karakter. Karakter menentukan masa depan, apakah kita menjadi orang kalah atau menang, gagal atau sukses. Bagaimana kita bisa bebas dari kebiasaan buruk?

 

1. MEMPERCEPAT PENYELESAIAN (4:26)

Hal-hal buruk (dalam nats ini contohnya adalah kemarahan) jangan sampai menjadi sesuatu yang kita ‘tabung’ terlalu lama. Jangan menyimpannya hingga hari esok tiba, sebaliknya segeralah selesaikan secepat mungkin. Kebiasaan buruk yang tak segera diselesaikan cenderung akan menjadi sesuatu yang kemudian dinikmati. Lama-kelamaan makin sulit dilepaskan. Bagaimana kita bisa mempercepat penyelesaian kebiasaan buruk? Berikan contoh dalam diri Anda!

 

2. TIDAK MEMBERI KESEMPATAN KEPADA IBLIS (4:27)

Salah satu cara seseorang memberi kesempatan kepada Iblis adalah dengan tidak secepatnya menyelesaikan kebiasaan buruk. Kebiasaan memendam amarah akan membuat Iblis membisikkan dan menanamkan dendam dengan tipuan-tipuan yang dibuatnya. Dan ketika Iblis diberi kesempatan, ia akan mengambil dan menuntut semakin banyak. Benteng rohani apakah yang Anda bangun agar tidak memberi kesempatan kepada Iblis?

 

3. MENGGANTIKAN DENGAN KEBIASAAN BAIK (4:28-29)

Kebiasaan buruk yang ditinggalkan tidak akan berlaku efektif kecuali digantikan dengan kebiasaan yang baik. Orang yang tadinya kebiasaannya mencuri, harus menggantikannya dengan kebiasaan bekerja keras dan melakukan pekerjaan baik. Orang yang sebelumnya biasanya berkata kotor, menggantinya dengan mengeluarkan kata-kata yang membangun. Bagaimana Anda mengembangkan kebiasaan baik untuk mengganti kebiasaan buruk? Apa kendala-nya?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Mintalah agar Allah memenuhi Anda dengan Roh-Nya yang memberi kekuatan bagi Anda untuk mengembangkan kebiasaan baik.