BAHAN KOMSEL AGUSTUS 2019 (III) – MERDEKA DALAM KRISTUS

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: GALATIA 4:1-11

Posisi kita di dalam Kristus, benar-benar adalah posisi baru yang bebas merdeka. Hanya saja, banyak orang tidak menyadari dengan posisi tersebut. Kemerdekaan semacam apakah yang kita miliki di dalam Kristus?

 

1. MERDEKA DARI ROH-ROH DUNIA (4:3)

Sebelum dimerdekakan di dalam Kristus, kita terikat oleh roh-roh dunia. Roh-roh itu telah menaklukkan dan menawan kita, sehingga kita selalu menuruti segala keinginannya. Tetapi ketika Kristus membebaskan kita, kita tidak berada lagi di bawah penguasaan mereka; tetapi berada di dalam kendali Roh Kudus. Ceritakan pengalaman Anda terikat oleh roh-roh dunia sebelum mengenal Kristus?

 

2. MERDEKA DARI HUKUM TAURAT (4:4-5)

Setelah dibebaskan Kristus, hukum yang berlaku di dalam hidup kita adalah hukum kasih karunia. Kita tidak mungkin memenuhi seluruh tuntutan Taurat, karena Yesuslah yang datang untuk menggenapinya (Mat 5:17). Kematian Kristus di kayu salib berarti ‘Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita’ (Gal 3:13). Bagaimana Anda menyadari bahwa Anda telah dibebaskan dari tuntutan atau kutuk hukum Taurat?

 

3. MERDEKA DARI PERHAMBAAN (4:7-8)

Setelah dimerdekakan Kristus, kita memiliki perbedaan status. Tadinya kita adalah hamba dari allah-allah yang pada hakikatnya bukan Allah. Status kita sekarang adalah anak-anak yang berhak mendapatkan hak waris, bukan lagi hamba yang tidak memiliki hak apa pun atas masa depan. Bagaimana mengembangkan sikap hidup sebagai anak dan bukan sebagai hamba lagi?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Bangunlah kebiasaan untuk memiliki kehidupan yang merdeka di dalam Kristus.