BAHAN KOMSEL AGUSTUS 2019 (IV) – BEBAS DARI BELENGGU DOSA

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: ROMA 6:1-14

Belenggu dosa acap menjadi masalah pribadi yang sulit dilepaskan. Apa yang dinyatakan Paulus kepada jemaat Roma dalam nats tadi memberi kepada kita beberapa langkah penting:

 

1. TIDAK BERDIAM DALAM DOSA (6:1-2)

Bahaya yang akan timbul jika orang akan berpikir bahwa semakin banyak ia berdosa maka semakin banyak pula kasih karunia, adalah ia akan tetap hidup di dalam dosa karena ia tahu kasih karunia yang selalu cukup baginya. Ia cenderung menganggap rendah kasih karunia yang di berikan oleh Yesus Kristus dengan pengorbanan di kayu salib. Oleh karena itu kita tidak dapat dengan sengaja melakukan pelanggaran agar dapat menikmati anugerah yang berlimpah itu (bdk 3:7-8). Apa yang Anda lakukan agar tidak bertekun di dalam dosa?

 

2. PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS (6:3-5)

Paulus menunjukan adanya persekutuan dengan Kristus dalam penyaliban yang bertujuan mematikan kuasa dosa agar kita jangan lagi menghambakan diri terhadap dosa. Ia memakai istilah ‘kematian’ ini juga terkait dengan konsep orang Yahudi tentang utang, dimana ada peraturan jika seseorang berhutang dan belum sempat melunaskan hutangnya sampai ia meninggal, maka utang orang itu dianggap telah lunas. Artinya, kematian Kristus telah membebaskan kita dari perbudakan dosa. Berikan contoh dari usaha Anda untuk memiliki persekutuan yang erat dengan Kristus?

 

3. TIDAK MEMBIARKAN DOSA MENGUASAI (3:12)

Bagaimana supaya dosa tidak menguasai tubuh? Dengan menyerahkannya kepada Allah tubuh kita ini untuk alat-Nya, dengan menyadari bahwa tubuh kita bukan lagi milik kita pribadi. Dia yang telah menebus kita dengan darah-Nya supaya kita menjadi milik kepunyaan-Nya. Ketika seseorang menyadari bahwa seluruh hidupnya tidak berarti apa-apa tanpa Yesus, dia baru benar-benar bisa menyerahkannya untuk Tuhan. Bagian tubuh manakah yang masih sulit ditundukkan dan diserahkan kepada Allah?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Milikilah niat yang kuat agar kita benar terbebas dari ikatan dosa dengan mengandalkan anugerah Kristus yang membebaskan kita.