BAHAN KOMSEL JULI 2019 (II) – MEMIKIRKAN PERKARA YANG DI ATAS

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: KOLOSE 3:1-4

Kepada jemaat Kolose, Paulus menuliskan bahwa cara memandang sesuatu, turut memengaruhi hasil yang akan didapatkan kemudian. Agar kedewasaan rohani diraih, cara pandang yang benar menuntut dilakukan. Itu sebabnya Paulus menyatakan tentang beberapa cara pandang dalam nats ini:

1. MEMANDANG KE ATAS (3:1-2)

Memandang “ke atas” dalam bagian ini menjelaskan kepada kita tentang MENCARI dan MEMIKIRKAN perkara-perkara yang di atas, di mana Kristus ada. Mencari dan memikirkan perkara di atas berarti menyelaraskan pikiran dengan pikiran Kristus. Hal-hal duniawi “di bawah” (3:5) tidak seharusnya menjadi fokus pandangan orang percaya. Hal-hal mana saja dari daftar sesuatu yang duniawi (3:5) yang masih mendominasi Anda? Bagaimana cara Anda melepaskannya?

2. MEMANDANG KE BELAKANG (3:3)

Kita harus mengingat bahwa hidup lama kita telah mati dan sekarang kita hidup dan berada di dalam Kristus. Bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan dan seharusnya kita tidak hidup dengan cara itu lagi. Bahwa kita adalah penghuni kegelapan yang telah berpindah kepada terang-Nya yang ajaib. Bahwa kita sudah dipindahkan dari maut ke dalam hidup yang kekal di dalam Kristus melalui pengorbanan-Nya. Apa yang begitu Anda syukuri saat melihat masa lalu Anda yang kelam?

3. MEMANDANG KE DEPAN (3:4)

Berikutnya, kita harus memandang ke depan kepada kedatangan Kristus. Ketika Kristus menyatakan diri kelak, maka kita pun akan menyatakan diri bersama Dia di dalam kemuliaan-Nya. Di dalam Kristus kita memiliki pengharapan akan masa depan yang cerah. Di sana ada hidup, kekekalan, rumah Bapa dan persekutuan abadi dengan Allah Sang Pencipta. Apa yang biasanya menghalangi Anda untuk melihat harapan di depan?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Mintalah agar Allah memberikan kepada Anda kemampuan untuk melakukan cara pandang yang benar dalam ketiga cara  di atas.