BAHAN KOMSEL JULI 2019 (III) – PRIBADI YANG MENGINSPIRASI

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: YOHANES 1:19-34

Yohanes Pembaptis memiliki pelayanan yang unik karena masa pengabdiannya terletak pada peralihan Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru. Unik, karena Yesus pun menyebutnya sebagai bentuk pelayanan yang belum pernah ada dan tidak pernah ada lagi. Inspirasi apa saja yang bisa kita dapatkan dari Yohanes Pembaptis?

1. HAMBA YANG JUJUR (1:19-21)

Ketika orang-orang Lewi bertanya kepadanya, “Siapakah engkau?” Yohanes tidak memanfaatkan kesempatan itu untuk meng-klaim diri sebagai Mesias. Dengan jujur ia menjawab “bukan” karena memang demikianlah adanya. Kejujuran adalah hal yang mahal dewasa ini dan dilakukan sedikit orang. Yang lebih banyak ditemukan adalah orang-orang yang culas dan miskin integritas. Ceritakan pengalaman Anda dalam membangun kejujuran! Apa tantangan-nya?

2. HAMBA YANG RENDAH HATI (1:23, 27)

Meskipun pelayanannya mulai berkembang, dikenal banyak orang dan memiliki pengikut; tetapi tidak membuat Yohanes Pembaptis sombong. Ia tahu diri dan menempatkan posisinya sebagai hamba yang diutus Tuhan. Ia tetaplah ‘suara yang berseru-seru di padang gurun’ yang tugasnya meratakan jalan bagi Mesias. Ia pun menempatkan diri lebih rendah dari budak (salah satu tugas budak: membuka tali kasut). Hanya Sang Tuan yang layak mendapat kemuliaan, budak tidak mengharap apapun. Apa yang Anda lakukan untuk belajar rendah hati?

3. HAMBA YANG RELA (1:35-39)

Karena hamba tidak memiliki hak, maka ia pun rela ketika murid-muridnya akhirnya menjadi pengikut Yesus, Sang Mesias. Ia tidak perlu merasa kehilangan pengikut, kehilangan hak milik; tetapi rela melepaskan sesuatu untuk hal yang jauh lebih baik. Murid-muridnya menjadi murid-murid Yesus yang pertama. Apa yang bisa Anda pelajari dari prinsip kerelaan Yohanes Pembaptis ini?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Kehidupan yang ditundukkan kepada rencana Allah bukan saja menyenangkan hati-Nya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang. Milikilah hidup sedemikian.