BAHAN KOMSEL JULI 2019 (IV) – RADIKAL BAGI TUHAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: LUKAS 19:1-10

Salah satu contoh orang yang berubah secara radikal menjadi pengikut Yesus adalah Zakheus. Radikal berarti bersungguh-sungguh, mendasar hingga kepada hal-hal yang prinsip. Perubahan yang terjadi dalam diri pemungut cukai itu dimulai dari caranya merespons kehadiran Kristus. Sambutan seperti apa?

1. MENYAMBUT DENGAN PENUH HASRAT & SUKACITA (19:6)

Salah satu cara Lukas ketika mencatat reaksi dari orang-orang yang mendapat penyataan-penyataan Ilahi adalah mereka juga dipenuhi dengan sukacita Ilahi (bdk: 2:10; 10:20). Hal ini ditunjukkan juga oleh Zakheus ketika menyambut Yesus dengan sukacita. Orang yang menyambut Yesus dengan sukacita menunjukkan sikap menempatkan Yesus sebagai Pribadi yang sangat penting dan berharga. Bagaimana agar Anda memiliki sikap penuh sukacita dalam menyambut Yesus?

2. MENYAMBUT DENGAN KEMURAHAN HATI (19:8a)

Sikap radikal bagi Yesus lainnya yang ditunjukkan Zakheus adalah ketika ia memutuskan untuk memberikan setengah dari miliknya untuk kepentingan orang miskin. Mengapa ini radikal? Ya, karena sebelumnya dia adalah seorang pemungut cukai yang kecenderungan-nya culas dan memperkaya diri sendiri. Tak mudah memberi bagi orang lain, apalagi ini setengah dari hartanya. Tetapi mereka yang mengasihi Yesus, bisa melakukannya. Ceritakan pengalaman Anda dalam mempraktekkan kemurahan hati! Bagaimana hasilnya?

3. MENYAMBUT DENGAN KEBEBASAN DARI PERBUDAKAN UANG (19:8b)

Sikap radikal berikutnya adalah ia tidak mau lagi diperhamba oleh uang. Kalimat “Sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat” menegaskan hal itu. Zakheus benar-benar ingin secara radikal terbebas dari ikatan harta duniawi, sehingga ia memilih memberikan ganti rugi ekstra kepada mereka yang dirugikan. Apa yang Anda lakukan agar terbebas dari jerat perbudakan uang/harta?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Dalam kekristenan, kasih Kristus yang radikal tak pantas direspons dengan sikap biasa-biasa. Semestinya sikap radikal juga kita tunjukkan bagi-Nya.