BAHAN KOMSEL JUNI 2019 (IV) – BAHASA KASIH DALAM KELUARGA

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: AMSAL 11:29, MARKUS 3:25
Data statistik menunjukkan bahwa tingkat perceraian memiliki tren yang meningkat setiap tahunnya. Penyebab utama perpecahan dalam keluarga adalah karena banyak keluarga yang sudah kehilangan kasih mula-mula. Padahal kasih di dalam keluarga harus diupayakan dan dipelihara agar tetap berkobar. Apa saja yang dapat kita lakukan sebagai tindakan nyata mewujudkan bahasa kasih di dalam keluarga?

1. WAKTU YANG BERKUALITAS
Banyak orang yang keliru menempatkan prioritas, alih-alih menempatkan keluarga sebagai prioritas utama, mereka lebih mementingkan pekerjaan, hobi atau bahkan pelayanan di atas keluarga. Akibatnya kekurangan waktu yang berkualitas di dalam komunikasi keluarga karena masing-masing sibuk dengan urusan sendiri. Padahal Allah berkehendak agar kita meletakkan keluarga sebagai prioritas utama. Apakah Anda sudah merasa cukup menyediakan waktu khusus bagi keluarga? Jika belum apa kendalanya?

2. HUBUNGAN YANG BERKUALITAS
Kasih itu identik dengan relasi. Jika kita berkata kita mengasihi Tuhan maka sudah seharusnya kita membangun relasi yang baik dengan Tuhan. Hal yang sama berlaku bagi keluarga. Hubungan yang baik dapat dibangun dari sentuhan kasih (seperti pelukan dan ciuman) serta ucapan kasih (seperti pujian dan ucapan terima kasih). Sudahkah Anda membangun hubungan penuh kasih di dalam keluarga Anda? Jika belum apa kendalanya?

3. HADIAH YANG BERKUALITAS
Kasih dalam keluarga juga dapat kita wujudkan dari hadiah yang berkualitas. Hadiah yang dimaksud tidaklah identik dengan barang-barang mewah, melainkan bisa berbentuk barang yang dibuat secara personal (kartu ucapan, makanan, dll), bisa juga berbentuk pertolongan dalam meringankan pekerjaan rumah tangga, bisa juga berbentuk dukungan ketika keluarga ada yang mengalami pergumulan. Apa bentuk hadiah yang berkualitas yang Anda berikan untuk keluarga Anda? Ceritakanlah pengalaman Anda!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Mulailah membangun bahasa kasih di dalam keluarga Anda!