Bahan Komsel, Minggu II – Juni 2020

MENDIDIK ANAK BERJIWA BESAR

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: YOSUA 24:1-28

Yosua dipilih menggantikan Musa menjadi pemimpin Israel dan membawa bangsa itu memasuki tanah Kanaan. Salah satu fokus perhatiannya, jika kita amati nats Yosua 24 ini, adalah tentang keluarga yang berkenan di hadapan Allah. Dia ingin mewariskan kepada generasi penerus tentang nilai-nilai yang baik. Apa saja nilai-nilai itu?

  1. MENDIDIK DENGAN FIRMAN TUHAN (AY. 2)

Saat mengumpulkan semua suku orang Israel, Yosua mengawalinya dengan kalimat, “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel…” Apa yang diajarkannya kepada bangsa Israel bersumber dari Firman Tuhan. Anak-anak dapat menjadi generasi berjiwa besar ketika mereka mengenal dan mengerti kebenaran yang bersumber dari Firman-Nya. Ketika muncul banyak sumber lain, Firman Allah tetap menjadi sumber didikan bagi orang percaya (bdk 2Tim 3:16-17). Apakah yang Anda lakukan untuk memperkenalkan kebenaran Alkitab kepada keluarga Anda?

  1. MENDIDIK UNTUK TULUS DAN SETIA BERIBADAH (AY. 14)

Yosua juga mengajar agar orang-orang Israel memiliki ketulusan dan kesetiaan dalam beribadah kepada Allah. Tulus berkaitan dengan motivasi, sedangkan kesetiaan menunjukkan sikap tidak mudah berubah. Ibadah yang disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar (1Tim 6:6). Generasi yang diajarkan untuk setia beribadah, akan mendapatkan banyak manfaat, termasuk di dalamnya memiliki jiwa besar dalam menghadapi kehidupan ini. Bagaimana kebiasaan beribadah dikembangkan di dalam keluarga Anda?

  1. MENDIDIK UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN (AY. 15)

“Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” merupakan kalimat penting yang dinyatakan Yosua di depan bangsa Israel. Kalimat yang menyiratkan sebuah keputusan tegas untuk tetap menyembah Allah Israel, di tengah-tengah pilihan beribadah kepada ilah lain yang bisa dilakukan. Jiwa besar dapat dimulai dari ketegasan bersikap yang diajarkan dan dilatih dalam banyak kesempatan. Apa yang Anda lakukan untuk memberi kesempatan anak-anak belajar dalam mengambil keputusan? Ceritakan!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Mulailah berdoa dan merencanakan penerapan prinsip-prinsip di atas di dalam keluarga Anda!