Bahan Komsel, Minggu III – Juli 2020

TUHAN TAK PERNAH SALAH

 

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

 

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: ROM 8:26-30

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dan pergumulan hidup, mungkin sakit penyakit, krisis ekonomi, masalah keluarga, dan seterusnya. Banyak orang ketika mengalami hal yang buruk mulai mempertanyakan Tuhan, menyalahkan Tuhan atau bahkan mulai timbul keraguan apakah Tuhan sebenarnya ada atau tidak. Ada tiga poin yang perlu kita pahami sebagai orang percaya agar kita tetap kuat saat menghadapi berbagai pergumulan hidup, yakni:

 

  1. ALLAH TURUT BEKERJA

Tuhan kita bukanlah Tuhan yang bekerja hanya saat menciptakan langit bumi dan segala isinya. Tuhan kita adalah Allah yang hidup, yang masih bekerja sampai saat ini. Banyak orang yang beranggapan jika Tuhan masih bekerja sampai sekarang, mengapa banyak hal buruk terjadi dalam kehidupan manusia seperti perang, penyakit, cacat, bencana, dst. Kita perlu menyadari bahwa semua hal buruk terjadi bukan karena rancangan Allah, melainkan akibat dosa sudah masuk ke dalam dunia. Pernahkah Anda menyalahkan Tuhan atas situasi buruk yang terjadi pada diri Anda?

 

  1. ALLAH BEKERJA DALAM SEGALA SESUATU

Allah bekerja dalam segala sesuatu di dalam kedaulatan-Nya. Artinya Allah turut bekerja dalam hal baik maupun mengijinkan hal buruk terjadi. Alkitab mencatat bahwa hal buruk digunakan oleh Iblis untuk mencobai orang percaya, tetapi Allah juga dapat menggunakannya untuk menguji dan memurnikan orang percaya, agar semakin serupa dengan Kristus. Pernahkah Anda berhasil melewati suatu situasi yang buruk dan Anda bersyukur untuk hal tersebut karena membuat Anda menjadi orang yang lebih baik?

 

  1. ALLAH MENDATANGKAN KEBAIKAN

Ingatlah bahwa Allah sangat mengasihi manusia. Dalam keadaan berdosa saja, Allah sudah mengorbankan anak-Nya yang tunggal. Apalagi setelah status kita sebagai anak-anak-Nya. Oleh sebab itu percayalah bahwa segala sesuatu yang kita alami diijinkan Allah untuk mendatangkan kebaikan. Yakinkah Anda bahwa Allah selalu bekerja untuk mendatangkan kebaikan?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Mulailah hidup dengan keyakinan bahwa Allah terlibat dalam segala sesuatu untuk kebaikan!