Bahan Komsel, Minggu III – Juni 2020

AKTIVASI PEMIMPIN MUDA BAGI KRISTUS

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: 2 TIMOTIUS 2:1-6

Kegerakan-kegerakan besar di dunia ini sering dimulai oleh orang-orang muda yang diberi kesempatan. Paulus memahami hal tersebut, itu sebabnya dia memuridkan dan memberikan kesempatan kepada Timotius untuk mengembangkan kepemimpinannya. Bagaimana sebuah generasi dibangkitkan? Kita belajar bersama dari nats ini:

  1. GENERASI DALAM KASIH KARUNIA (ay. 1)

Salah satu ciri dari orang-orang muda adalah kekuatannya. Ayat ini mengajarkan bahwa kekuatan itu berasal dari kasih karunia dalam Kristus Yesus. Jadi sama sekali bukan karena keadaan fisiknya yang muda, tetapi sumber kekuatannya adalah anugerah Tuhan. Paulus bahkan memerintahkan, “Jadilah kuat!” kepada Timotius. Daud menggambarkan kekuatan ini laksana kekuatan burung rajawali (Maz 103:5).

Apa yang Anda lakukan agar senantiasa memiliki kekuatan rohani di dalam Tuhan?

  1. GENERASI YANG MEMURIDKAN (ay. 2)

Pemimpin muda dapat dilatih dalam pengembangan kepemimpinan dengan memberinya kesempatan memuridkan. Ayat ini memberikan mata rantai pemuridan demikian: (1) Paulus memuridkan Timotius. (2) Timotius melatih (3) orang-orang yang dapat dipercayai dan cakap mengajar (4) orang lain. Mata rantai yang tidak putus ini memungkinkan estafet kepemimpinan dapat berjalan dengan baik. Ceritakanlah pengalaman keterlibatan dalam pemuridan di gereja lokal Anda!

  1. GENERASI YANG MELAYANI (ay. 4-6)

Paulus memberikan contoh kepada Timotius untuk melayani melalui kehidupan prajurit, olahragawan dan petani. Prajurit menggambarkan tentang kesiapan menerima perintah dari komandan. Olahragawan menekankan tentang pelayanan yang sesuai dengan aturan atau regulasi yang ada. Sedangkan petani memberi pelajaran tentang kesabaran menantikan hasil dari apa yang telah dikerjakannya.

Bagaimana ketiga profesi itu memberkati anda secara pribadi dalam hal pengabdian atau pelayanan kepada Tuhan?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Praktekkan prinsip-prinsip di atas sambil tetap berjuang untuk memastikan mata rantai kepemimpinan tetap berjalan.