Bahan Komsel, Minggu IV – Juli 2020

HIDUP POSITIF KARENA BERIMAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: BIL 13:27-31

Musa mengirim 12 orang pengintai ke tanah perjanjian, tetapi 10 orang mengatakan hal yang buruk. Sisa 2 orang saja yang mengatakan hal baik, yaitu Yosua dan Kaleb. Alhasil Yosua dan Kaleb berhasil masuk ke tanah perjanjian dan menikmati janji Tuhan yang digenapi. Apa saja yang dapat kita teladani dari kehidupan Yosua dan Kaleb?

  1. MEMILIKI SEMANGAT YANG MENYALA

Firman Tuhan berkata orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya. Bersemangat adalah hasil akhir ketika kita memilih respon yang positif dalam suatu keadaan. Yosua dan Kaleb memilih untuk bersemangat menjemput janji Tuhan atas tanah perjanjian dan menghiraukan kesulitan bahwa musuh mereka tinggi besar dan kotanya berkubu. Kita juga perlu memiliki semangat seperti Yosua dan Kaleb terutama saat menghadapi pergumulan. Sudahkah Anda menjalani hidup dengan penuh semangat?

  1. MEMILIKI RESPON YANG POSITIF

Dalam kehidupan setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan dan pergumulan hidup. Yang membedakan hasil akhirnya adalah tergantung dari respon yang diberikan. Ingatlah bahwa setiap respon yang negatif tidak pernah akan menghasilkan sesuatu yang positif. Oleh sebab itu kita perlu belajar dari keteladanan Yosua dan Kaleb yang memiliki respon positif ketika menghadapi masalah. Pernahkah Anda memilih respon yang positif ketika menghadapi masalah? Apa hasilnya? Ceritakanlah pengalaman Anda!

  1. MEMILIKI IMAN DAN PENGHARAPAN PADA TUHAN

Rahasia agar kita dapat selalu memiliki respon yang positif di saat menghadapi kesulitan adalah dengan memiliki iman dan pengharapan hanya kepada Tuhan. Jika kita hidup sepenuhnya bersandar kepada Tuhan, maka kekhawatiran kita tidak akan berlebihan karena kita tahu bahwa Tuhan kita lebih besar dari masalah yang sedang kita hadapi. Hal itu akan memampukan kita untuk selalu memiliki respon yang positif. Sudahkah Anda hidup sepenuhnya bersandar kepada Tuhan saja?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Tingkatkan iman dan pengharapan Anda kepada Tuhan agar mampu hidup positif!