Baru Memiliki Bayi? 4 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Untuk Membangun Ikatan Dengannya

Saat mata kamu saling memandang dan melihat anugerah Tuhan yang di depan kamu, kamu tahu bahwa anak yang berharga ini akan mengubah hidupmu. Menemukan cara untuk mengungkapkan cinta, rasa sayang dan kebutuhan saat mengasuh anak, biasanya akan datang secara alami. Dan banyak cara untuk terikat dengan dengan si kecilmu dan membangun hubungan alami sampai bertahun-tahun. Mulai dengan belaian lembut hingga banyak hal lainnya.

Berikut beberapa hal yang perlu orangtua ketahui dan dilakukan dalam hal mengurus bayi supaya keterikatan kalian semakin erat :

1. Menatap mata bayi

131011155051

Tujuan psikologis utama dari 12 bulan pertama kehidupan adalah ikatan dan keterikatan.

Dr. Fran Walfish, seorang psikoterapis yang berbasis di Calofornia dan penulis buku “The Self-Aware Parent,” berkata “Apakah kamu sedang menyusui atau memberi makan melalui botol, ikatan terjadi saat kamu memberikan nutrisi kepada anak.”

Tingkatkan cara kamu menyusui anak dengan menatap matanya dan dengan memberinya belaian pada kulitnya untuk menenangkannya. Sentuhan kulit ke kulit saat menyusui dapat membantu ikatan ibu dan ayah dengan bayi sehingga terjalin semakin erat.

“Ikatan bisa terjadi bahkan saat ayah sedang makan sambil menatap wajah sang bayi,”kata Walfish.

2. Bernyanyi

171025102621

Saat bayi kamu belajar menemukan cara untuk menenangkan dirinya sendiri, suara kamu akan membantunya merasa nyaman. Jadikan moment ini lebih istimewa lagi dengan bernyanyi lembut untuk bayi kamu. Saat kamu memeluknya, nyanyikan lagu anak-anak yang menarik dan konyol untuk membuatnya tersenyum atau bantu dia untuk tidur nyenyak dengan lagu pengantar tidur yang lambat. Kamu nggak harus memiliki suara yang indah untuk membangun keterikatan dengan bayi kamu. Saat dia mengenali ciri khas dan nada suara kamu, dia akan mulai terikat dengan kamu dan mencari kenyamanan dari suara kamu.

3. Berikan bayimu ciuman untuk malam yang indah

171025101757

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum yang dilakukan oleh orangtua adalah bahwa mereka harus meletakkan bayi ketempat tidur saat ia sudah tidur. Kalau kata Dr. Fran Walfish, psikoterapis yang berbasis California bahwa “Kamu mungkin akan kehilangan momen ikatan yang berharga .”

Kalau anak kamu tertidur di dada kamu, sebelum menaruhnya ke ranjang tidurnya, dengan lembut bangunkan dia sehingga matanya terbuka dan melihatmu, lalu katakan selamat malam dan cium dia dan membaringkannya ke tempat tidurnya,” tambahnya lagi.

Percayalah bahwa ikatan ini akan menghangatkan hatimu dan membantu bayimu untuk tidur kembali dengan tenang dan nyaman.

4. Tetap tenang dan bergegas saat bayi kamu menangis

171025101720

Saat bayi kamu sedih, marah dan rewel atau mungkin nggak nyaman, dia sedang mencari kenyamanan dari ibu dan ayahnya. Jadilah orang yang menghibur nya dan langsung bergegas ke sampingnya saat dia membutuhkan ikatan yang lebih kuat antara kalian berdua.

“Menenangkan bayi yang sedang menangis akan membuat koneksi hubungan ayah/ibu dan bayi terbangun,”kata Dr. Kate Roberts, psikolog anak dari Hamilton, Massachsetts.

Nah, jadi demikian 4 hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua dalam mendidik bayi. Apalagi bagi orangtua baru.

Sumber : livestrong.com