Archives for Renungan Harian

Selasa, 23 Januari 2018

MAUNYA BUBUR “Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindra yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.” (Ibrani 5:14) Makan bubur itu menyenangkan. Apalagi pas pagi hari, perut lapar, lalu ada tukang bubur ayam melintas di depan rumah. Terlebih kalau tukang bubur ayam itu adalah favorit kita karena rasanya yang pas di lidah. Orang yang suka bubur tidak terbatas pada anak kecil. Bubur disukai oleh semua lapisan umur. Namun demikian, makan bubur setiap hari dari pagi, siang dan malam, akan membuat orang-orang bertanya: ada apa gerangan? Akan terasa lebih aneh bila orang dewasa tetapi
Continue

Senin, 22 Januari 2018

PENGERTIAN YANG BENAR “Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.” (Roma 10:2) Dalam sebuah rapat, seorang pimpinan menyampaikan pemikirannya, “Menurut teori ekonomi, siklus produk kita telah mencapai akhirnya. Jika kita berdiam diri, kita akan kehilangan konsumen. Namun, jika kita gegabah melakukan perubahan, kita juga akan hancur.” Setelah terjadi keheningan sesaat, seorang Manajer mengangkat tangannya dan berkata, “Maaf pak, dengan segala hormat, pertanyaan saya adalah apakah Bapak tahu apa yang harus kita lakukan?” Pemimpin itu terdiam membisu. Dalam perkara rohani, tidak jarang kita menemukan hal serupa dengan kisah di atas.
Continue

Minggu, 21 Januari 2018

DEWASA ROHANI “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16) Bulan November 2017 digemparkan dengan berita mengenai seorang ibu yang membunuh anak kandungnya sendiri. Ibu yang tinggal berdua saja dengan anaknya yang berusia lima tahun di Jakarta ini diberitakan tidak tahan menghadapi anaknya yang sering menangis dan mengompol pada malam hari.Terlebih lagi ada keluhan tetangga yang merasa terganggu akan tangisannya, membuatnya tega menganiaya yang mengakibatkan sang anak meninggal dunia. Sangat tragis dan ironis jika seorang ibu yang sudah mengandung sembilan bulan, berkorban ketika melahirkan
Continue

Sabtu, 20 Januari 2018

HIDUP YANG BERBEDA “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” (Roma 12:1) Josh McDowell, dalam bukunya yang berjudul, “Right from Wrong” menuliskan bahwa dalam beberapa tahun yang lalu di Amerika Serikat diadakan survei mengenai kehidupan remaja-remaja, dan hasilnya sebagai berikut: 1000 gadis remaja yang belum menikah telah menjadi ibu 1106 gadis remaja menjalani abortus 4219 remaja terjangkit penyakit kelamin 500 anak remaja menggunakan obat terlarang Hidup menjaga kekudusan tidak pernah mudah. Jaman dahulu saja masalah kekudusan sudah menjadi
Continue

Jumat, 19 Januari 2018

MENJADI SEORANG GURU “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesuciaanmu.” (1 Timotius 4:12) Setelah mendapat laporan bahwa Jepang takluk kepada Sekutu selepas Hiroshima dan Nagasaki dibom atom, Kaisar Hirohito menanyakan berapa jumlah guru yang tersisa. Dengan sekitar 250.000 guru yang masih hidup, Kaisar Jepang menyatakan tekad, dalam satu generasi, Jepang akan lebih maju dari kondisi sewaktu ditaklukan. Pada 1960-an, Jepang membuktikan dapat lebih unggul dalam teknologi dan ekonomi dari banyak negara barat penakluknya. Guru dalam tradisi Jawa merupakan akronim dari “digugu lan
Continue

Kamis, 18 Januari 2018

KEMBALI KE SASARAN SEMULA “tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.” (1 Petrus 1:15-16) Saat saya masih kecil, saya berpikir bahwa setiap orang dewasa yang saya kenal telah menjadi apa yang mereka cita-citakan. Kenyataannya, sebagian besar orang telah meninggalkan idealisme masa kecilnya, entah karena cita-cita yang terlalu absurd atau akibat keadaan yang tidak menunjang – faktor ekonomi atau kemampuan otak dan minat. Demikian pula dosa telah membuat manusia bergeser dari tujuan penciptaannya semula. Ketika manusia diciptakan, manusia segambar dan serupa dengan
Continue

Rabu, 17 Januari 2018

COOKIE “Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu.” (1 Petrus 1:14) 3-5 tahun terakhir, tren berbelanja online semakin menjadi. Bila kita cermati, setelah kita berbelanja atau hanya mencari barang-barang tertentu dan berselancar di dunia maya, maka pada setiap kesempatan online berikutnya, kepada kita akan disuguhkan penawaran, promo dan foto-foto barang yang pasti sebelumnya pernah kita beli atau minati. Hal ini terjadi karena kebanyakan situs belanja online dilengkapi dengan cookie. Cookie adalah sebuah berkas yang disimpan di komputer, smartphone atau handphone kita dan berfungsi mencatat kebiasaan kita saat berselancar di dunia maya.
Continue

Senin, 15 Januari 2018

NAIK KELAS “sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,” (Efesus 4:13) Anak saya yang berumur hampir dua tahun sedang senang-senangnya mengeksplorasi segala hal di sekitarnya. Mulai dari membuka semua laci dan lemari di rumah, lalu mengeluarkan semua isinya, kemudian mengambil barang-barang yang ia anggap menarik untuk dimainkan dan di-explore. Hasilnya, rumah saya menjadi selalu terlihat berantakan dan barang-barang sering kali berada di tempat yang tidak seharusnya. Terlebih lagi jika ia saya tinggal makan sendiri. Ia sering kali menumpahkan makanannya ke meja makan lalu
Continue

Selasa, 16 Januari 2018

MENGGEMASKAN ATAU MENGENASKAN? “Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras”- (Ibrani 5:12) Beberapa waktu terakhir terdapat sebuah fenomena yang cukup menggelikan. Akun instagram seorang ibu yang memiliki seorang anak batita mendapatkan begitu banyak follower. Kira-kira ada sekitar 500.000 orang yang mengikuti akun tersebut. Mengapa? Ternyata para follower (yang mungkin sekarang sudah mengaku diri sebagai fans) begitu menyukai cara sang batita makan. Ia makan dengan begitu lahapnya. Ia melahap semua mulai dari yoghurt, kentang, telur, buah-buahan dan masih banyak
Continue

Minggu, 14 Januari 2018

GUNJING BERJAMAAH “Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.” (Yakobus 1:26) “Eh.. eh.. eh.. itu, si Ella datang sama gebetan barunya! Bener khaaan, kata saya juga, si Ella abiz menang arisan brondong!” | “Emangnya situ ngga’ tau, kalo si Ci Acun rebutan warisan toko almarhum suaminya sama anak tirinya?” | “Tuh tuh tuh… anaknya yang katanya kena kutuk karna suaminya main pesugihan!” | “Kalo nggak percaya, lu datang aja ke rumahnya. Pagernya udah dipasang tulisan disegel dari bank, gitu dech kalo utang udah numpuk…” | “Udah lama koq, si bu
Continue