Desember – Minggu 3

MELEKAT PADA KRISTUS

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: YOHANES 15:1-8
Perumpamaan Yesus tentang Pokok Anggur dan ranting-rantingnya menjelaskan sebuah pelajaran mengenai keterikatan orang-orang percaya kepada Kristus, Sang Sumber. Yesus adalah Pusat Kehidupan yang ketika hidup orang percaya dilekatkan kepada-Nya, mereka akan berbuah dan berhasil. Pelajaran apa saja yang dapat dilihat dari nats ini?

1. TINGGAL DI DALAM DIA (ay. 4-5)
Beberapa kali frase “tinggal di dalam Aku” ditegaskan dalam bagian ini. Sesuatu yang diulang menunjukkan bahwa sesuatu itu penting. Tinggal di dalam Kristus, melekat dengan Dia, jika demikian; adalah sesuatu yang mendasari kehidupan rohani yang berhasil. Kehidupan di luar Dia tidak pernah menjanjikan apapun, kecuali hanya akan berujung kepada pembakaran. Tinggal tetap di dalam Dia menjadi panggilan tertinggi setiap orang agar dapat menjalani kehidupan dalam anugerah-Nya. Apakah dasar keyakinan Anda untuk berada di dalam Dia? Ceritakanlah!

2. FIRMAN-NYA TINGGAL DI DALAM KITA (ay. 7)
Firman-Nya tinggal di dalam kita berbicara tentang apakah yang paling dominan di dalam kehidupan kita. Firman yang tinggal di dalam kita berarti memang ada usaha-usaha yang kita lakukan secara berkelanjutan untuk menerima firman dengan lemah lembut. Untuk merenungkannya siang dan malam. Untuk menyimpannya dan kemudian melakukan firman di dalam keseharian kita. Firman yang mendominasi hidup kita memberi arahan yang benar bagi langkah-langkah kehidupan. Usaha apa yang Anda lakukan untuk membiarkan firman Allah tinggal di dalam Anda?

3. MEMPERMULIAKAN BAPA (ay. 8)
Hasil yang didapat oleh seseorang yang melekat erat di dalam Kristus adalah medapatkan hasil dari permintaan kepada Bapa. Sesudah itu, nama-Nya yang dipermuliakan melalui hidup kita. Apa yang menjadi jawaban Tuhan atas kita tidak pernah dimaksudkan untuk kemuliaan kita sendiri. Kita tidak layak, yang layak hanyalah Allah satu-satunya. Kiranya apapun yang terjadi di dalam hidup kita akan selalu mempermuliakan nama-Nya. Apa yang Anda kerjakan dengan hidup Anda agar mempermuliakan nama-Nya?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Akhirilah kelompok dengan komitmen dan doa agar kehidupan kita senantiasa melekat erat kepada Kristus, Pokok Anggur kehidupan!