“Dressing” Bisa Optimalkan Manfaat Salad bagi Tubuh

95653-ragam-dressing-untuk-salad

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa lemak dari minyak kedelai dapat meningkatkan penyerapan nutrisi mikronutrien yang berbeda pada sayuran. Itu artinya sedikit memberikan dressing pada salad akan memberikan manfaat.

Penyerapan nutrisi yang lebih baik, kata periset, dipercaya dapat mendorong berbagai manfaat kesehatan lainnya, seperti mencegah kanker dan memberikan manfaat pada penglihatan.

Penelitian ini juga mencatat bahwa menyantap salad yang sama tanpa minyak tambahan dapat mengurangi kemungkinan tubuh menyerap nutrisi. Periset yang berasal dari Iowa State University di AS menemukan bahwa minyak dapat membantu penyerapan tujuh nutrisi mikro yang berbeda dalam sayuran salad yaitu meliputi empat karotenoid seperti alfa dan beta-karoten, lutein dan lycopene, serta dua bentuk vitamin yaitu vitamin E dan vitamin K.

Minyak juga mempromosikan penyerapan vitamin A, sebuah nutrisi mikro ke delapan yang telah terlacak dalam penelitian ini dan terbentuk di usus dari alpha dan beta karoten. “Cara terbaik untuk menjelaskannya adalah dengan mengatakan bahwa menambahkan dua kali jumlah saus salad menyebabkan dua kali penyerapan nutrisi,” kata Wendy White, seorang profesor sains makanan dan nutrisi manusia di Iowa State University.

Penelitian ini melibatkan 12 perempuan usia kuliah yang mengkonsumsi salad dengan berbagai tingkat minyak kedelai, bahan biasa dalam salad dressing komersial. Subjek kemudian melakukan tes darah untuk mengukur penyerapan nutrisi.

Perempuan dipilih untuk dinilai karena adanya perbedaan kecepatan memetabolisme nutrisi pada laki-laki dan perempuan. Hasilnya menunjukkan penyerapan nutrisi maksimal terjadi pada sekitar 32 gram minyak, yang merupakan jumlah tertinggi yang dipelajari, atau sedikit lebih banyak dari dua sendok makan.

Namun White menemukan beberapa variabilitas di antara subjek. “Bagi kebanyakan orang, minyak ini akan memberi manfaat pada penyerapan nutrisi. Tren rata-rata, yang secara statistik signifikan adalah untuk meningkatkan penyerapan,” imbuhnya dilansir Zeenews.

Sumber : http://www.suara.com