Gubernur BI: Rupiah Akan Menguat, Saat Ini Masih Overvalued

c9a0553d-3ebf-4c06-92d5-26acc8b4e7fc_169Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan nilai tukar rupiah masih ada potensi untuk terus menguat. Pasalnya, saat ini rupiah masih jauh dari nilai fundamentalnya alias overvalued.

“Kebijakan nilai tukar kita akan kami jaga sesuai fundamentalnya nilai tukar yang ada sekarang masih overvalue dibandingkan fundamentalnya,” kata Perry di Gedung DPR, Rabu (11/7/2018).

Ia menegaskan, melihat dari sisi fundamentalnya, rupiah terhadap dolar harusnya masih apresiasi kembai. Namun memang tekanan eksternal masih membawa dolar AS kian menguat.

Perry menambahkan, pelemahan rupiah masih sejalan dengan negara berkembang lainnya. Bahkan beberapa negara pelemahan nilai tukarnya jauh lebih tinggi ketimbang Indonesia.

“Kami tegaskan nilai tukar relatif terkendali dan kami nyatakan kembali komitmen BI. Rupiah masih ada potensi menguat,” tegas Perry.

Fokus kebijakan BI, sambung Perry saat ini adalah benar-benar menjaga stabilitas nilai tukar. Hal ini menurut Perry, BI memfokuskan kebijakan pada pro-stability.

Sumber : cnbcindonesia.com