Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tak Bawa Handphone ke Toilet

86574df2-12fb-48a4-97f6-3b91f80a0d81_169

Kecanggihan teknologi membuat kita jadi bergantung dan tidak bisa lepas dari gadget, terutama handphone. Apalagi banyak orang mengalami nomophobia atau perasaan kehilangan berlebihan saat berada jauh dari ponsel pintar. Mereka biasanya takut ketinggalan informasi dan tak mau merasa bosan sehingga selalu ingin bersama dengan handphone, tak terkecuali ketika pergi ke kamar mandi.

Berdasarkan studi yang dilakukan di 2016, 41% dari orang Australia menggunakan ponsel saat mereka ke toilet. Penelitian lain yang diadakan Sony juga mengungkap jika hal tersebut dilakukan 75% orang Amerika. Tentu saja, kebiasaan membawa handphone ke kamar mandi pun terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Andakah salah satunya? Jika iya, sebaiknya segeralah dihentikan jika tak mau kesehatan terancam.

“Ada parikel air dan udara yang bersembunyi di lipatan kecil dalam ponsel. Cover dan case ponsel biasanya dibuat dari karet yang mana hangat dan nyaman sebagai tempat bersembunyi untuk bakteri,” kata Dr. Anchita Karmakar kepada SBS.

Young woman standing at the mirror after bath and texting to her boyfriend

Bakteri dari kamar mandi yang menempel di ponsel Anda tentu tidak main-main. Anda bisa saja terpapar salmonella, E.coli, shigella hingga campylobacter yang dapat membuat tubuh mudah terserang sakit. Anda pun berisiko menyebarkan virus gastro dan staph pada orang lain karena permukaan handphone yang keras.

Untuk itu, Dr. Anchita tidak menyarankan Anda membawa ponsel ke toilet, apalagi toilet umum. “Bahkan jika kamu tidak menggunakan ponsel di toilet, kamu masih membawanya ketika kamu masuk dan keluar kamar mandi, apalagi jika kamu tidak mencuci tangan,” tambahnya.

Woman with cell phone in bathroom

Woman with cell phone in bathroom

Kemungkinan masuknya bakteri toilet ke dalam tubuh dan membuat sakit juga semakin tinggi karena orang sering makan dengan ponsel mereka. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah paparan bakteri ponsel?

Tentunya jangan sering-sering membawa handphone ke tempat-tempat yang tidak bersih, seperti toilet. Hindari pula menggunakannya saat sedang makan untuk mencegah bakteri masuk lewat mulut. Kemudian bersihkan ponsel dengan cairan pembersih setelah dipakai di kamar mandi. Lalu cucilah tangan setelah keluar toilet dan memegang handphone orang lain.

(ami/ami)

Sumber : DETIK