Ini Efeknya Bagi Tubuh Jika Kebanyakan Makan Kimchi

74d639d5-084d-46c8-addd-f3390bd423ba_43

Bagi penggemar K-pop atau K-drama tentu sudah tidak asing dengan kimchi. Ya, kimchi merupakan sayuran yang difermentasi. Adapun jenis sayuran yang umum dibuat kimchi yaitu sawi putih dan lobak dicampur dengan bumbu lainnya. Baru-baru ini, di negeri asalnya, Korea, sedang ada perayaan kimchi atau Kimchi Day.

Kimchi ditengarai sebagai salah satu makanan fermentasi yang menyehatkan. Pasalnya kimchi kaya akan kadar serat, namun tetap rendah kalori. Selain itu, kimchi juga kaya vitamin A, B1, B2, zat besi, kalsium, dan bakteri asam laktat kimchi, lactobacillus yang baik untuk pencernaan. Namun, jika kimchi dimakan berlebihan justru menyebabkan masalah percernaan.

Seperti dikutip dari organicfacts.net, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terlalu banyak konsumsi kimchi dapat memperparah risiko pengembangan kanker lambung. Di samping itu, karena proses pembuatannya melalui fermentasi, kimchi yang berlimpah serat dapat menyebabkan masalah gas dan kembung pada individu yang rentan.

Kemudian efek lainnya adalah pada fungsi jantung dan tekanan darah. Individu yang memiliki tekanan darah tinggi harus berhati-hati saat makan kimchi karena adanya konsentrasi garam tinggi yang semakin ditekankan selama proses fermentasi.

Tapi kabar baiknya, sebuah studi yang dilakukan pada subjek hipertensi mengungkapkan bahwa makan kimchi dengan sodium rendah kemungkinan tidak memberikan efek berbahaya pada tekanan darah maupun aktivitas jantung.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah secukupnya. Selalu disarankan juga untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum mempertimbangkan konsumsi kimchi sebagai terapeutik.

Sumber : DETIK