Jika 5 Hal Ini Kamu Coba, Dijamin Bonus atau THRmu Nggak Akan Ludes Tanpa Makna

171214145255

Memasuki tanggal Natal dan Tahun Baru, nggak akan luput dengan masuknya uang THR (Tunjangan Hari Raya) ke kantong rekening kamu atau bisa disebut juga dengan gaji ke-13. Biasanya THR diberikan dua minggu sebelum Natal berlangsung. Kamu yang berhak mendapatkan THR jika telah bekerja dan memiliki masa kerja selama 12 bulan keatas, maka kamu akan berhak dapat THR sebesar 1 bulan gaji.

Sedangkan, kamu yang baru memiliki masa kerja 3 bulan alias masih kurang 12 bulan, maka kamu akan diberikan THR secara proporsional dengan masa kerja yaitu dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 dan dikali 1 bulan gaji. Dengan adanya jeda waktu sampai hari Natal berlangsung, kamu seharusnya bisa menganggarkan uang THR dengan baik sehingga pengeluaran kamu nggak menguras THR kamu sampai habis.

Biasanya THR digunakan sebagai sumber dana untuk membiayai belanja untuk hari Natal . Sedangkan jenis biaya rutin seharusnya tetap mengandalkan sumber dana dari pendapatan perbulan diluar dari THR.

Nah berikut tipsnya supaya THR kamu tepat sasaran:

1. Rencanakan anggaranmu secara cermat agar tabunganmu nggak kebobolan

171214103245

Yap! Rencanakan anggaranmu secara cermat, tapi jangan samakan dengan anggaran pengeluaran per bulan ya. THR digunakan untuk membeli kebutuhan yang berkaitan dengan hari Natal dan Tahun baru, seperti beli baju Natal, beli kado Natal serta rencana mau pulang ke kampung halaman. Jangan berlebihan dan membeli kebutuhan untuk makanan dan pakaian ya!

2. Anggarkan juga untuk dana tak terduga

171120133528

Kalau kamu memang merencanakan untuk mudik atau pulang kampung, sediakan dana nggak terduga juga ya, misalnya untuk keperluanmu di kampung halaman nantinya. Seperti dana untuk makan, atau pun untuk pecahan kecil untuk kamu bagikan kepada ponakan-ponakanmu.

3. Tentukan skala prioritasmu

Berikan point pada setiap kebutuhan, misalnya nih point terhadap kebutuhan yang harus dibayarkan seperti: berkat untuk gereja seperti perpuluhan dan kebutuhan yang bisa dibiayai setelah semua kebutuhan wajib untuk hari Natal telah terpenuhi.

4. Jangan pura-pura, ingat untuk bayar hutang, lho!

171106142845

Dengan menggunakan dana THR, kamu bisa membayar sisa-sia hutangmu, walaupun risikonya kamu nggak dapat menggunakan THR secara penuh. Tapi se-enggaknya kamu lega bahwa hutang-hutang telah dilunasi.

5 Bagi yang memiliki asisten rumah tangga, bagi-bagi THR untuk mereka juga perlu kamu pikirkan

Yap! Persiapkan dan sisihkan THRmu untuk mereka yang membantu kamu bekerja di rumahmu, seperti asisten rumah tangga, sopir bahkan pembersih kebun. Jangan sampai kamu berhutang THR kepada mereka ya.

Nah, demikian 5 hal perlu kamu ingat dan lakukan supaya THRmu mengalir alias habis kearah yang tepat.

Sumber : berbagai sumber