Jumat, 12 April 2019

 

Merancangkan Masa Depan

Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan. Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana. (Amsal 19:20-21)

COLGATE adalah merk pasta gigi terkenal asal Amerika. Saat ini Colgate adalah salah satu perusahaan tertua di Amerika yang dinobatkan oleh majalah Fortune dalam 500 perusahaan paling sukses di Amerika. Penjualannya di tahun 2012 mencapai US$ 9 Miliar.

Tetapi yang menarik, dibalik kesuksesan Colgate, ada seseorang bernama William Colgate yang mendirikan perusahaan ini dengan susah payah. William Colgate lahir pada tanggal 25 Jan. 1783, di kota Kent, Inggris. Pada suatu hari William sekeluarga terpaksa mengungsi karena ancaman dari pihak penguasa, untungnya William sekeluarga mendengar nasihat dan langsung pergi mengungsi. Keluarga Colgate pindah ke Amerika pada tahun 1798, menetap di perkebunan Hatford, kota Maryland.

Colgate sempat merintis perusahaan sabun, namun gagal. Lalu dalam proses kegagalan itu, Robert bertemu seorang teman kristiani yang menasihati William, katanya “ Berikan hatimu bagi Kristus. Berilah kepada Kristus apa yang menjadi milik-Nya. Buatlah sabun dengan jujur. Berikan persembahanmu dengan jujur, dan seseorang akan menjadi pembuat sabun ternama di New York. Orang itu mungkin saja kamu.” Saat itu William menjadi gemar belajar Alkitab dan tertarik dengan Kej. 28:20-22, dimana Yakub ketika diberkati Tuhan berjanji akan memberikan sepersepuluhnya untuk Tuhan.

Pada tahun 1804 Colgate di rekrut sebuah perusahaan sabun. Sebagai pegawai magang Colgate terkenal sebagai orang yang sangat tajam dan teliti. Perusahaan tempat Colgate bekerja ini akhirnya bangkrut tahun 1806. Tetapi reputasi Colgate dan keahliannya membuat Colgate dapat membangun perusahaan itu kembali, dan dalam 6 bulan mencapai kesuksesan. Benar saja tidak lama Colgate menjadi salah satu pengusaha terbesar di New York, dan dirinya tidak lalai untuk memberikan untuk Tuhan, bahkan semakin hari dia minta akuntannya untuk menaikkan dari 10% ke 30%.

Memiliki hikmat dari Tuhan dan melakukan perintah Tuhan, menjanjikan keberhasilan dalam hidup kita. [CH]