Jumat, 26 Juni 2020

ANAK MUDA BUKAN PEMIMPIN MASA DEPAN

Allah berkata, “Pada akhir zaman Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua orang. Anak-anakmu …akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang Aku beritahukan kepada mereka. Orang-orang mudamu akan melihat hal-hal yang Aku perlihatkan kepada mereka. Orang-orang tuamu akan bermimpi tentang mimpi yang Aku berikan kepada mereka.” (BIS) (Kisah Para Rasul 2:17)

Saya sering mendengar bahwa anak muda atau youth adalah pemimpin masa depan gereja. Tetapi saya digentarkan oleh apa yang saya tuliskan di judul saya ini, “ANAK MUDA BUKAN PEMIMPIN MASA DEPAN!” Baru pertama kali saya mendengar pernyataan ini, apakah anda sama kagetnya dengan saya?

Pernyataan ini saya dengar waktu  saya sedang mengikuti sebuah church experience di Singapore di sebuah gereja bernama Heart of God Church. Pastor How, gembala dari gereja tersebut menyatakan dengan keras dalam kotbahnya bahwa anak muda bukan pemimpin masa depan, tetapi PEMIMPIN HARI INI! Hal itu mencengangkan buat saya.

Saya belajar sesuatu dari gereja ini dan pastor How, bahwa anak muda bisa diberikan kepercayaan untuk memimpin saat ini juga. Pastor Lia, istri dari pastor How juga mengutarakan hal yang menguatkan, “generation are not replacement, generation are reinforcement “(Anak muda bukan pengganti tetapi anak muda adalah pelengkap (bala bantuan)”.

WOW! Ini sangat membuka mata saya. Saya melihat gereja ini memiliki pemimpin muda yang masih berumur 17 tahun tapi sudah menggembalakan 50 orang, sudah memimpin divisi pelayanan dan banyak lainnya. Jika kebanyakan gereja kehilangan anak-anak muda, gereja ini didominasi oleh anak muda, sekitar 80% jemaatnya adalah anak muda. Dan yang lebih dahsyat adalah banyak orang tua yang datang ke gereja ini karena diajak oleh anaknya yang sudah bertobat, bukan terbalik seperti biasanya, anak datang ke gereja karena dipaksa orang tua.

Kita harus memberi ruang untuk mereka salah, memberi kesempatan kedua, membimbing mereka agar mau tunduk pada otoritas dan lainnya. “Your young men will see visions, and your old men will dream dreams (Acts 2:17 NLT)” sesuai dengan firman Tuhan di atas memiliki visi, kreativitas yang tinggi. Anak muda akan berkembang jika diberikan kesempatan untuk memimipin, mengambil keputusan dan tidak takut untuk mencoba, karena tahu kita sebagai pemimpin membuka ruang agar mereka dapat belajar menjadi lebih baik. [CH]