Jumat, 5 Oktober 2018

 

Memiliki Daya Tarik

“Sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.” (KPR 2:47)

Wisata Kemit Forest Education terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Wisata ini dulunya merupakan hutan produksi pinus kemudian dialihkan menjadi hutan wisata dengan luas area 5 ha. Wisata ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH Banyumas Barat) yang bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Mulya.

Pada musim libur lebaran tahun 2018 lalu, ribuan wisatawan beramai-ramai mengunjungi tempat ini. Bagaimana mungkin tempat yang dulunya hanya hutan pinus berubah menjadi lautan manusia? Jawabannya adalah tempat ini memiliki daya tarik yang membuat banyak orang mau mengunjunginya. Ada orang-orang yang melihat potensi tersembunyi dari sesuatu yang semula dianggap biasa saja.

Jemaat mula-mula mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Setiap hari jumlah jemaat terus bertambah. Mereka Hidup dalam ketekunan dalam pengajaran firman Tuhan, hidup dalam kesatuan, hidup saling tolong-menolong, dan hidup dalam kesehatian. Dengan cara hidup seperti ini mereka semakin disukai oleh banyak orang. Ada daya tarik yang membuat banyak orang mau datang dan bergabung dalam komunitas jemaat mula-mula.

Sebagai pengikut Kristus, tentunya kita merindukan adanya pertumbuhan jumlah pengikut Kristus secara signifikan. Namun kita harus introspeksi diri, sudahkan gereja (kumpulan orang percaya) sudah memiliki daya tarik bagi orang yang belum percaya Yesus? Sudahkah gereja memberikan solusi bagi permasalahan yang sedang mengemuka di tengah kehidupan dunia ini?

Tidak usah saling menghakimi, saatnya kita menyatukan diri, melangkah bersama, memberitakan injil sesuai dengan kapasitas atau bagian kita masing-masing, dan memenangkan jiwa sebanyak mungkin. Kira-kira, apa daya tarik yang kita miliki untuk menjadi saksi dan berkat bagi orang lain? [WB]