Kamis, 10 September 2020

Apa Gaya Hidupmu?

“Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.” (Kis. 2:46-47)

Dalam Kitab Kisah Para Rasul, kita melihat suatu pemandangan yang indah antaranak-anak Tuhan. Mereka saling berbagi satu dengan yang lain. Ketika ada jemaat Tuhan yang lain kekurangan, maka yang lain yang berlebih mencukupi kekurangan tersebut. Dan hal ini dilakukan terus menerus, sehingga mereka mengumpulkan persediaan keuangan untuk digunakan menolong satu dengan yang lainnya. Sehingga kapan pun jemaat Tuhan mengalami kesulitan atau kekurangan, maka para rasul dan diaken segera menolong dan mencukupi kebutuhan mereka. Dan hal ini diketahui oleh seluruh penduduk Yerusalem, baik yang sudah percaya atau pun yang belum. Sehingga melalui pemandangan yang seperti ini, banyak orang-orang yang ingin tahu, ada apa dengan orang-orang percaya? Mengapa kasih mereka begitu besar satu terhadap yang lain? Dan keingintahuan mereka ini menjadi kesempatan yang baik dalam pemberitahuan Injil.

Pemandangan lainnya para rasul tekun melakukan pengajaran. Mereka mengajar para jemaat Tuhan yang masih baru percaya. Mereka mengajar dasar-dasar iman dengan tekun dan secara terus-menerus, sehingga para umat Tuhan bertumbuh secara rohani dan memiliki pengetahuan yang benar tentang Tuhan Yesus. Dan mereka menjadi orang-orang yang kuat dan tangguh dalam iman kepada Kristus. Dan pada gilirannya mereka dilatih untuk memberitakan kabar baik kepada orang lain, sehingga mereka menjadi pribadi-pribadi yang berdampak dalam pertumbuhan gereja.

Ada beberapa pertanyaan: Pertama, gaya hidup seperti yang dilakukan jemaat mula-mula?  Apakah dilakukan gereja Tuhan saat ini? Kedua,  bila belum, apa hambatannya sehingga gaya hidup seperti itu tidak bisa dilakukan? Ketiga,  jika sudah dilakukan, apa yang terjadi terhadap lingkungan Anda? Keempat, jika Anda pemimpin gereja saat ini, apa yang harus Anda lakukan saat ini?

Sahabat NK, hati yang telah dipenuhi kasih Yesus, pasti dari dalam hatinya meluap kasih yang sejati, kasih yang mengasihi sesama, terutama saudara di dalam Tuhan. [YP]