Kamis, 11 April 2019

 

Mulailah dengan Satu Langkah

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus” (Filipi 4:19)

Pepatah mengatakan bahwa “ribuan kilometer langkah dimulai dengan satu langkah”. Sebuah langkah besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah-langkah kecil. Saat ini banyak kisah sukses atau cerita sukses yang diangkat ke media cetak maupun digital (buku dan televisi). Ini bukanlah hal yang negatif melainkan hal positif yang seyogyanya dibaca dan dilihat oleh banyak orang. Dan lebih baik lagi jika kisah sukses itu bukan hanya menunjukkan gambar atau video ketika orang itu duduk di jet pribadi atau mobil Ferari dan motor Harley Davidson-nya, artinya bukan hanya sukses material saja.

Sukses yang saya maksud adalah berhasil mencapai tujuan hidup. Tujuan hidup yang memang Tuhan tunjukan pada pribadi kita masing-masing. Di Ibrani 13:5 menyatakan, “Janganlah kamu menjadi hamba uang”. Perhatikan bahwa ‘cinta akan uang’lah yang berbahaya, bukan uang itu sendiri. Keinginan yang berlebihan akan uang bisa menyebabkan perpecahan dalam keluarga dan teman. Jadi singkirkan jauh-jauh bahwa kesuksesan atau tujuan hidup untuk menjadi kaya.

Banyak sekali kisah sukses yang menginspirasi, mereka mempunyai tips dalam membangun rumah tangga yang harmonis, pakar psikologi yang membagi tips agar terlihat percaya diri ketika di wawancara kerja, cara kepemimpinan yang menginspirasi dan masih banyak kisah-kisah lainnya.

Orang-orang di atas, yang bisa menulis kisahnya, dilahirkan tidak langsung menjadi sukses atau menginspirasi. Tetapi mereka telah melakukan langkah awal dan diikuti ratusan, ribuan dan jutaan langkah-langkah lainnya. Apa yang mereka raih sekarang adalah hasil dari hasil usaha-usaha kecil yang anda lakukan terus-menerus.

Dan langkah pertama adalah bahwa Tuhan telah berjanji bahwa Dia memenuhi segala keperluan kita. Nah janji yang luar biasa. Langkah selanjutnya adalah bagian kita yang bertindak. Ketekunan adalah kemampuan anda untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan [SE]