Kamis, 14 Februari 2019

 

VAKSIN ANTI D(OSA)

“Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri”. ( Ibrani 13:12 )

James Harrison, seorang kakek berusia 81 tahun di Australia setiap minggu mendonorkan darahnya selama 60 tahun untuk menolong lebih dari 2,4 juta bayi di Australia.  Kakek Harrison bukanlah pendonor darah biasa, darahnya  sangat unik karena telah dapat menyelamatkan bayi-bayi yang lahir dari ibu yang memiliki masalah dengan rhesusnya.

Darah Harrison memiliki vaksin Anti-D yang sangat berguna bagi wanita hamil yang memiliki rhesus negatif (RhD Negatif) di dalam darahnya. Keadaan ini dapat mengancam nyawa bayi di kandungan yang memiliki rhesus positif yang diturunkan dari garis ayah. Harrison telah menjadi penyelamat bagi jutaan janin karena antibodi di dalam darahnya yang di donorkan ke ibu hamil telah melindungi janin dari kematian atau cacat. Dari data yang ada di Australia, setiap Anti-D yang telah dibuat di Australia hampir semuanya berasal dari darah James, kata Jemma Falkenmire, dari Pelayanan Darah Palang Merah Australia.

Harrison maupun dokter tidak mengetahui bagaimana riwayatnya sampai darah Harrison memiliki antibodi yang langka. Menurut catatan Pelayanan Darah Palang Merah Australia, dulu Harrison pada usia 14 tahun pernah menjalani bedah jantung. Nyawanya terselamatkan oleh darah dari beberapa donor yang didonasikan ke tubuhnya saat operasi bedah jantung tersebut, mungkin salah satu pendonornya memiliki vaksin Anti-D. Saat itu Harrison bernazar bahwa bila sembuh ia akan menjadi pendonor darah. Beberapa tahun kemudian sejumlah dokter menemukan bahwa dalam darah Harrison mengandung antibodi yang dapat digunakan untuk menghasilkan vaksin Anti-D.

Kisah Harrison mengingatkan akan pengorbanan Yesus. Hanya oleh darah-Nya maka kita semua yang dulunya berdosa dijadikan kudus sehingga berhak menyandang gelar sebagai anak-anak Allah. Darah binatang dan darah lainnya tidak dapat menebus dan menguduskan kita. Hanya darah Yesus yang memiliki kuasa (vaksin anti Dosa) yang tak terhingga sehinga dapat menghancurkan kuasa dosa dalam kehidupan setiap orang yang mau percaya kepada Yesus. [PH]