Kamis, 25 April 2019

 

KUNCI JAWABAN

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10:13)

Ketika saya mendampingi persiapan anak yang akan mengikuti ujian, saya memberikan kepadanya kumpulan soal-soal ujian nasional yang harus dijawab, setelah itu kami membahasnya bersama. Namun suatu kali, ia tidak dapat mengerjakan soal yang ditanyakan sehingga saya mencoba untuk mencari jawaban soal tersebut. Beberapa menit berlalu namun ternyata saya pun tidak dapat menjawab soal itu. Kami bingung karena tidak tahu jawabannya. Jalan buntu, mungkin soal ini memang tidak ada jawabannya. Tetapi saya teringat jika buku soal tersebut memiliki kunci jawaban atas seluruh soal yang disajikan. Rasanya senang sekali menyadari ada kunci jawaban, akhirnya soal tersebut kami selesaikan bersama.

Dalam perjalanan kehidupan kita pun demikian, terkadang ada kepanikan ketika masalah, pencobaan datang menerpa, ada kebingungan, bahkan keputusasaan karena merasa tidak ada jalan keluar. Kita lupa bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang Mahakuasa, Mahatahu, Ia mengetahui semua apa yang terjadi dalam hidup umat-Nya. Ia memberi kunci jawaban dari setiap pergumulan yang ada. Seperti soal ujian yang memiliki jawaban berbeda sesuai dengan tingkat kesulitannya, maka berbeda-beda pula jawaban yang Tuhan berikan sebagai jalan keluar pada tiap-tiap orang ketika mengalami pencobaan.

Sahabat NK, jangan putus asa dan tawar hati, jangan mengeluh dan bersungut-sungut dalam menghadapi pencobaan. Percayalah bahwa Tuhan memberi jalan keluar, yakinlah semua pasti dapat dilalui, bertindaklah dengan iman dan mengucap syukur kepada Tuhan karena kabaikan-Nya. Akuilah bahwa Yesus adalah jalan keluar bagi keselamatan seluruh manusia.

Jika nyawa-Nya saja Ia berikan, masakan Ia tidak akan memberi jalan keluar dalam setiap pergumulan hidup? Bertahanlah dalam pencobaan karena kunci jawaban sudah ada ditangan anda oleh karena pengorbanan Kristus. [RIV]