Kamis, 8 Agustus 2019

PROSES MENJADI CIPTAAN BARU

“Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Dan semua orang yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik mereka  (Galatia 6:15-16)
Metamorfosa adalah proses perubahan dari ulat menjadi kupu-kupu yang membutuhkan waktu yang bisa dikatakan cukup lama dan panjang, namun sebenarnya sangat sederhana.  Terdapat 4 tahapan proses dalam metamorfosa kupu-kupu ini, yaitu dimulai dari telur, kemudian menjadi ulat  (larva), selanjutnya menjadi kepompong  (pupa)  dan terakhir barulah menjadi kupu-kupu.

Kehidupan Kristen yang sejati adalah kehidupan yang berproses:  dari manusia  ‘lama’  menjadi ciptaan  ‘baru’  di dalam Kristus;  yang dulunya hamba dosa,  “Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.”  (Roma 6:18), yang dulunya terpisah dari Allah, kini telah diperdamaikan dengan Allah,  “Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu ‘jauh’, sudah menjadi ‘dekat’ oleh darah Kristus.”  (Efesus 2:13).  Proses penciptaan kembali menjadi manusia baru adalah melalui karya penebusan darah Kristus.  “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”  (2 Korintus 5:17).

Status kita adalah ciptaan baru, maka:  oleh sebab itu Jangan menyerahkan tubuh kita bagi dosa. “…hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu   yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.”  (Roma 6:12-13).  Supaya kita menjadi manusia yang baru di dalam Tuhan , kita harus tetap di dalam Tuhan. “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.”  (Kolose 2:6).

Menjadi ciptaan baru  tidak berkompromi dengan dosa dan tetap dalam Kristus. Tidak mudah untuk mematikan semua bentuk manusia lama di dalam daging kalau kita tidak menyerahkan semua bentuk keinginan manusia lama yang menghambat kita menjadi serupa dengan Kristus. Menjadi ciptaan baru adalah rancangan Tuhan bagi kita agar Kerajaan Allah nyata. [RB]