Lebih Bagus Mana, Buah Dikunyah atau Jus?

o_1b3cl79f8n3bm9ddbh1crsoqta

Mengonsumsi buah-buahan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain mengunyahnya secara langsung atau dijus.

Disampaikan dr Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K) dari Rumah Sakit Evasari, masing-masing cara mengonsumsi buah memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Buah potong, kata dr. Frieda, memiliki kandungan serat yang masih utuh hingga masuk ke dalam tubuh. Cara mengonsumsinya yang dengan cara digigit menstimulasi produksi enzim selulase yang akan mencerna selulosa.

“Kalau buah diblender juga akan mengeluarkan selulosa dan enzim tanpa harus mengunyah. Keuntungannya kita bisa mengonsumsi lebih banyak serat,” ujar dia pada temu media sosialisasi ‘Paud Healthy Eating Habit SGM Eksplor’ di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Sedangkan, buah yang diolah dalam bentuk jus biasanya akan disaring sehingga serat tidak larut dalam air akan terbuang. Namun, kandungan vitamin dan mineralnya masih terkandung di dalamnya.

“Jadi tergantung kebutuhannya apa. Kalau memang mengonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan serat ya sebaiknya dikunyah langsung atau diblender, bukan di jus. Kalau memang malas ngunyah ya bisa dijus atau diblender kasar saja,” pungkas dia.

Sumber : suara.com