Masalah Hidup Bikin Kamu Stress, Atasi dengan 3 Cara Alkitabiah Ala Rick Warren Ini

170725130700

Rasa khawatir akan banyak hal di dunia ini bisa menganggu kedamaian hidup kita. Dan kalau kita nggak hati-hati menjaga diri, kita akan terserang stress atau depresi yang membuat kita rapuh dan kehilangan tujuan. Tapi sebagai orang percaya kita sudah diberi janji kekal dari Tuhan kalau kita nggak seharusnya hidup untuk selalu mengkonsumsi masalah yang terjadi di sekitar kita.

Rick Warren, pendiri dan pendeta senior Gereja Saddleback yang berbasis di California mengatakan kalau sesungguhnya tujuan hidup kita adalah surga. Hal itu harusnya cukup untuk mengubah cara pandang kita tentang bagaimana kita menjalani hidup di dunia ini.

Sekali manusia didamaikan kembali kepada Tuhan melalui Yesus Kristus, system nilai seseorang itu pasti secara otomatis akan berubah.

Jadi gimana sih orang Kristen harusnya hidup bebas dari stress dan memusatkan tubuh, jiwa dan rohnya hanya pada Tuhan saja? Berikut 3 cara alkitabiah yang ditawarkan oleh Rick Warren.

1. Jangan mudah digoyahkan oleh godaan

Mengutip 1 Petrus 2: 11 yang mengatakan, “Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.”

Kita memang bisa terganggu dengan banyak hal baik dan buruk yang ada di dunia ini. Tapi tetaplah fokus pada tujuan kekal kita yaitu kehidupan abadi di surga. Sebagai orang-orang yang sudah tahu tentang kebenaran, kita seharusnya berani melawan arus dunia. Beranilah melawan arus sekalipun dunia menetapkan standar yang berbeda.

2. Jangan mau jadi korban masalah

Dalam 2 Korintus 4: 18 dikatakan, “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”

Masalah itu bersifat sementara. Dia akan datang silih berganti seperti musim-musim yang kita lewati. Ada kalanya memang kita akan melewati musim yang berat, tapi hal itu harusnya nggak jadi alasan buat kita untuk menyerah.

Rick Warren mengingatkan bahwa inti dari mendapatkan kehidupan yang bebas dari tekanan dan stress adalah hidup dalam kebenaran firman Tuhan. Karena saat kita tahu bahwa Tuhan menginjinkan masalah itu terjadi, maka hal itu akan membuat kita tidak akan berhenti untuk melewatinya.

3. Fokus untuk melakukan hal-hal yang benar

“Fokuskan energimu untuk melakukan hal-hal yang kekal,” ucap Rick Warren. Dia mengutip Kolose 3: 2, “Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.” Dia menganjurkan supaya orang-orang Kristen harusnya bekerja untuk menjalankan tujuan Tuhan dan menginvestasikan waktu dalam aktivitas yang akan menghasilkan buah kekekalan. “Penuhilah tujuan Tuhan dalam hidupmu. Bangkitkan kehidupan penyembahan! Bangun hubungan dengan orang-orang percaya lainnya. Investasikan waktumu untuk menjadi seperti Yesus melalui pemuridan. Melayani orang yang terabaikan. Bagikan tentang Yesus kepada orang-orang,” pesannya.

Ada banyak diantara kita yang mungkin sedang mengalami beban hidup yang menekan, merasa nggak lagi punya solusi, hanya ada jalan buntu, dan sampai akhirnya berpikir untuk menyerah dalam hidup ini. Ini saatnya kembali berlutut meminta pertolongan Tuhan, minta Dia untuk menguatkan dan mengangkatmu di masa-masa ini. Ingatlah bahwa ketika kamu mengetuk pintu Tuhan akan membukanya bagimu.

Sumber : Jawaban.com