Mau Menurunkan Berat Badan? Cobalah Segelas Ramuan Ini

1637462shutterstock-200837528780x390

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tapi Anda tidak punya cukup waktu banyak untuk berolahraga, maka salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan dan memilih jenis makanan.

Di antara sekian banyak bahan makanan, ada beberapa yang bisa membantu kita menurunkan berat badan dan mendapatkan perut yang lebih rata, misalnya lemon, jahe, mentimun, dan seledri.

Lemon dapat membantu menurunkan berat badan dan juga baik untuk kesehatan. Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, dan keasamannya meningkatkan pencernaan dan melindungi hati.

Selain itu, lemon memiliki sifat diuretik, yang mendetoksifikasi pembakaran lemak. Mengkonsumsi lemon dengan berbagai cara dan mengikuti asupan nutrisi seimbang setiap hari akan membantu kita mencapai tujuan kita.

Mentimun adalah salah satu makanan terbaik sepanjang masa yang mengandung air dan natrium alami. Mentimun tidak hanya menyegarkan, namun juga sangat rendah kalori, mentimun juga merupakan sumber vitamin C yang akan membuat kulit Anda menjadi bersinar dan sehat.

Jahe adalah akar obat yang sangat baik untuk mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, mengurangi kolesterol, relaksasi umum, dan tentu saja membakar lemak. Beberapa orang menggunakannya untuk mengurangi lemak perut dan berharap memiliki perut yang rata.

Daun seledri merupakan tanaman sejenis peterseli yang memiliki daun kecil-kecil dan biasanya merupakan sayuran pelengkap pada masakan. Namun siapa sangka bahwa selain sebagai pelengkap makanan ternyata daun seledri ini juga sangat baik untuk kecantikan dan untuk membantu menurunkan berat badan.

95 persen kandungan di dalam daun seledri adalah air. Hal ini membuat daun seledri sangat mudah dicerna sehingga tidak menjadikan penumpukan makanan di dalam perut. Selain itu khasiat daun seledri lainnya adalah untuk meluruhkan racun dan kotoran sehingga anda akan bisa menjadi lebih sehat.

Ke-empat bahan itu bisa dicampurkan menjadi ramuan minuman yang bisa membantu merampingkan ukuran pinggang Anda.

Minuman ini juga sangat bermanfaat untuk detoksifikasi dan menghilangkan kelebihan lemak jahat dari tubuh Anda. Dengan meminum ramuan ini, Anda memiliki dorongan energi besar yang tidak hanya meningkatkan kesehatan Anda, tapi juga pikiran Anda.

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya, minuman ini meningkatkan metabolisme Anda sehingga merangsang penurunan berat badan. Seperti apa ramuan yang disajikan dalam laman Women Daily Tips? Simak tata caranya.

Yang Anda Perlukan

– 1/2 lemon
– 1 buah mentimun
– 1 sendok teh jahe parut
– Beberapa helai paterseli atau seledri
– 1/3 dari secangkir air

Cara membuatnya

Campur semua bahan dengan menggunakan blender, sajikan dalam gelas. Konsumsilah minuman bermanfaat ini setiap malam sebelum Anda tidur.

Selain mengkonsumsi ramuan tersebut, menurut ahli gizi Karen Ansel MS, RDN, penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger Live Longer, ada dua hal sederhana lain yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami, tanpa diet ketat atau rutin ke gym, yaitu:

Makan lebih banyak serat

Menurut Ansel, serat merupakan salah satu nutrisi terbaik pendukung berat badan ideal, tetapi kebanyakan orang hanya mengkonsumsi setengah dari jumlah harian serat yang direkomendasikan (25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria).

Pasalnya, serat memainkan peran besar dalam mengendalikan rasa lapar, layaknya spons di dalam perut, serat akan mengembang di perut Anda dan membuat Anda merasa tetap kenyang lebih lama ketimbang nutrisi lainnya.

Mengonsumsi serat juga akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam perut, jenis bakteri yang membuat hormon rasa lapar Anda di kontrol. Sehingga, semakin kecil kemungkinan Anda untuk ngemil dan mengasup kalori yang tidak perlu.

Ansel menambahkan bahwa penelitian baru-baru ini bahkan telah menunjukkan bahwa serat memiliki kemampuan untuk menjebak kalori lainnya setelah dicerna.

1449537shutterstock-978231562780x390

Artinya, serat juga membantu Anda untuk menyingkirkan kalori yang sudah ada di dalam tubuh.

Serat pun dapat ditemukan dalam makanan yang mengandung biji-bijian, serta dalam kacang-kacangan, buah dan sayuran.

Mengurangi porsi setiap kali makan

Makanlah seperti biasa, namun kurangi porsi setidaknya 30 persen papar Ansel. Misalnya, Anda mungkin berpikir bahwa semangkuk nasi merupakan satu porsi, kini, konsumsilah sepertiga dari mangkuk nasi tersebut.

Jika Anda berhasil memotong porsi pada setiap kali makan, tanpa sadar Anda akan memotong jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, yang pada gilirannya akan membantu menurunkan beberapa kilogram berat badan.

Sehingga, Anda tak perlu menghindari makanan favorit, cukup kurangi porsinya.

Sumber : KOMPAS