Minder karena jadi karyawan Baru? 5 Gesture ini Bikin Kamu Nggak Dianggap Sepele Lagi

170710163115

Siapapun pernah jadi orang yang baru saat memasuki lingkungan yang baru. Tak terkecuali di tempat kerja yang baru. Saat kamu pindah kerja ke tempat yang baru atau bahkan kamu baru lulus dan naik status jadi karyawan kamu pasti pernah mengalami masa-masa canggung dan kagok diantara lingkungan yang baru. Salah-salah kamu bisa dianggap sombong atau sok dan jadi gossip deh di kantor yang baru.

Kali ini Jawaban.com mau kasih tips yang bisa bikin teman-teman kamu di kantor nggak akan anggap kamu sepele lagi meskipun kamu orang baru. Jangan salah lho, pergaulan di kantor akan sangat menentukan keberhasilanmu nantinya.

1. Kontak mata dengan lawan bicara

Ini adalah hal yang sangat penting. Saat kamu diajak bicara bahkan saat hanya ngobrol makan siang lakukan kontak mata. Sangat tidak etis jika kamu dikit-dikit lihat ponsel saat teman kamu lagi bicara, itu terkesan kamu tidak menghargai dan menyepelekan lawan bicara. Simpan saja dulu ponselmu.

2. Bicara dengan posisi rileks

Saat diajak berbicara jangan gunakan gesture bertahan misalnya tangan silang di depan dada. Hal itu secara alam bawah sadar seolah menunjukkan posisi bertahan dan “kepala tertutup”. Alangkah lebih baiknya jika gunakan posisi tangan rileks dan terbuka. Ini akan memberikan kesan bahwa kamu itu terbuka dan siap bekerja sama

3. Jadilah pendengar yang baik

Siapapun bisa jadi pendengar yang baik kok. Intinya menahan memberikan pendapat saat belum diminta. Saat temanmu bercerita respon dengan anggukan dan penegasan misalnya, “wah, ohh gitu, jadi gitu, bagus banget, dan lain-lain.” Selain itu senyuman akan sangat membantu dan membuatmu terlihat sebagai pribadi yang hangat.

4. Berikan simpati dengan sentuhan

Saat temanmu sedang sedih dan kebetulan dekat dengan lokasimu, daripada pakai pesan singkat di ponsel, mengapa tidak mendatangi langsung dan memberikan sentuhan misalnya pada siku atau bahu. Itu akan jauh menenangkan dan simpatimu akan mempunyai dampak yang besar. Namun kalau untuk lawan jenis lihat situasi ya jangan sembarangan.

5. Duduk dengan posisi sebelahan

Beberapa pembicaraan yang personal dan membutuhkan konsentrasi tinggi daripada dilakukan berhadapan ada baiknya dilakukan dengan posisi saling bersebelahan. Beberapa penghalang seperti meja akan membuatmu terlihat mencari tempat aman dan penakut. Hal itu bisa membuat orang tidak mempercayaimu.

5 hal tersebut jika diterapkan akan sangat menolongmu mendapatkan banyak teman dan mendapatkan kepercayaan dari rekan sekerja. Jadi rasa canggungmu akan berkurang sangat cepat dan kamu bisa mudah beradaptasi.

Sumber : jawaban.com