Minggu 1

ALKITAB – DASAR KEGERAKAN ROHANI

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: 2 TIMOTIUS 3:15-17
Alkitab adalah Firman Allah tertulis yang menjadi pedoman kehidupan setiap orang percaya. Kitab Suci ini sering disebut sebagai “manual book” agar kehidupan yang kita jalani dapat terarah sesuai dengan kehendak dan rencana-Nya dalam menciptakan manusia, termasuk dalam kegerakan rohani setiap umat percaya. Alkitab memberikan banyak manfaat bukan saja untuk membuat orang mengerti kebenaran, tetapi hidup di dalam kebenaran-Nya juga. Apa saja peranan Alkitab dalam kerohanian orang percaya?

1. MENGAJAR/MENDIDIK ORANG DALAM KEBENARAN
Ibarat kompas, Alkitab menunjukkan kebenaran kepada orang percaya. Kebenaran yang memerdekakan dari ketidaktahuan itu yang diteguhkan juga oleh kuasa Roh Kudus yang bekerja ketika seseorang mendalami Alkitab. Semakin Alkitab direnungkan siang-malam, semakin kebenaran akan menguasai kehidupan orang percaya. Kebenaran memungkinkan seseorang untuk tidak mudah disesatkan oleh ajaran-ajaran palsu. Apa yang Anda akan lakukan agar kebenaran Alkitab menjadi bagian utama di dalam kehidupan Anda?

2. MENYATAKAN KESALAHAN
Alkitab adalah standar hidup yang mengatasi filsafat atau “isme” manapun. Untuk mengetahui apakah sesuatu itu salah atau benar, tidak dapat disandarkan pada apa yang dikatakan oleh manusia melalui berbagai pengajaran. Benar atau salahnya sesuatu harus diperhadapkan pada Alkitab, standar kebenaran. Alkitab ibarat mistar yang dapat membedakan sepotong kayu bengkok atau lurus. Alkitab seperti detektor untuk melihat uang asli atau palsu. Pernahkah Anda mendapati prinsip yang selama ini Anda anggap benar, tetapi ternyata salah menurut Alkitab? Ceritakan!

3. MEMPERBAIKI KELAKUAN
Kebenaran Alkitab sanggup memperbaiki kelakukan yang buruk. Kegerakan rohani dalam hal perubahan watak dan kelakuan, dimulai dari kecintaan terhadap Firman Allah. Kebenaran itulah yang akan mengarahkan orang percaya untuk bertindak benar. Kuasa Firman dinyatakan sebagai sesuatu yang tidak akan kembali dengan sia-sia, tetapi akan bekerja sesuai kehendak Bapa Sorgawi. Perubahan tingkah laku semacam apakah yang Anda alami di dalam kecintaan pada firman-Nya?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Berkomitmenlah untuk secara tekun membaca Alkitab sesuai dengan jadwal harian yang tersedia dan alamilah perubahan hidup di dalam kebenaran-Nya.