Minggu, 12 Mei 2019

SOSMEDMU MENGALIHKAN DUNIAKU

“ Salomo mendirikan kuil-kuil bagi istri-istrinya, orang-orang asing itu, supaya mereka dapat membakar kemenyan dan mempersembahkan kurban kepada dewa-dewa mereka.” (1 Raj. 11:8)

Sosial Media sekarang merupakan hal yang sangat lazim dimiliki saat ini. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sudah memiliki akun sosial media. Yang lebih dahsyat bayi baru lahir pun sekarang sudah memiliki akun sosial media yang di kelola oleh orang tuanya.

Sosial media merupakan suatu terobosan yang bagus dan dapat membantu kehidupan saat ini. Banyak orang yang mendapatkan karier atau keuntungan dari sosial media. Salah satu contohnya adalah Justin Bieber. Sehabis videonya viral di Youtube, dia mendapat kesempatan rekaman bahkan akhirnya lagunya sangat booming.  Seperti dilansir Forbes, Justin mengatakan “Social media helped launch my career. Without the internet and without YouTube, I wouldn’t have gotten the chance to put my music out there and have people hear it.

Bahkan Justin merupakan orang yang paling banyak followers di sosial media. Tetapi pada tahun 2016 Justin memutuskan untuk menghapus account Instagramnya. Dikutip Guardian 16 Agustus 2016, “Sixth biggest Instagrammer with nearly 78 million followers closes account after abuse from fans and tense exchanges with ex-girlfriend” Hal ini membuktikan bahwa sosial media tidak selamanya baik, bahkan bisa merusak relasi yang kita punya.

Tanpa kita sadari sosial media yang kita pakai dapat menjauhkan yang dekat. Pada akhirnya kita jadi tidak berkomunikasi dengan orang yang nyata, digantikan oleh teman dunia maya.  Indonesia adalah peringkat ke 3 di dunia yang terlama menggunakan sosmed, setelah Philipina dan Brazil.

Jadi, gunakanlah waktu anda dengan baik, pergunakan sosial media dengan bijak, jangan sampai itu merusak relasi anda dengan keluarga, teman, bahkan kehilangan pekerjaan. Juga jangan sampai terjadi seperti Paulus, yang sampai kehilangan fokusnya terhadap Tuhan karena terlalu banyak waktunya terbuang dengan istri-istri yang tidak takut akan Tuhan. [CH]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 :  Berapa jam sehari anda menggunakan sosial media/ nonton TV/ baca koran/ majalah? Lalu berapa jam sehari anda menggunakan waktu untuk saat teduh/ berkomunikasi dengan keluarga?

P2 : Usaha apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan waktu saat teduh? Dan berkomunikasi secara langsung dengan keluarga?