Minggu, 21 Juni 2020

MUDA LUAR BIASA

“Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik dihadapan TUHAN maupun dihadapan manusia.” (1 Samuel 2:26)

Orang Sukses Karena Bergaul Dengan Orang-Orang Sukses! Kalimat ini seringkali kita dengar dalam seminar, maupun cuplikan kata-kata motivasi yang bertebaran di sosial media ataupun internet. Saya membayangkan begitu beratnya kehidupan Samuel muda sebelum Tuhan tetapkan dia sebagai seorang nabi bagi Bangsa Israel. Samuel muda hidup bersama dengan keluarga Imam Eli dan anak-anaknya, dimana kedua anak Imam Eli hidup dengan cara yang tidak diperkenan Tuhan dan tidak menghormati nasihat Eli sebagai orangtuanya. Sehingga kejahatan anak-anak Imam Eli mendatangkan kutuk keturunan atas keluarga mereka. Dan Samuel muda hidup bersama mereka, tetapi luar biasanya Samuel muda tidak terpengaruh dengan kehidupan keluarga Imam Eli, bahkan Samuel muda semakin disukai baik Tuhan maupun manusia.

Benar, hidup itu adalah pilihan! Seorang pemimpin, termasuk pemimpin Kristen pada umumnya akan dijadikan panutan oleh orang lain. Tidak mustahil bahwa dalam hidup kita juga memegang tugas sebagai pemimpin. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui karakter pemimpin Kristen yang patut kita teladani dan kembangkan dalam hidup kita. Banyak tokoh-tokoh dalam Alkitab yang Allah pilih jadi pemimpin di masa muda mereka, dan mereka luar biasa dipakai Allah tetapi pada masa tua nya jatuh dalam dosa dan tidak dikenan hidupnya oleh Allah.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang dikenan Allah dan manusia, milikilah karakter-karakter yang dimiliki Kristus! Belajar dari Yusuf anak Yakub, semasa muda memiliki visi yang kuat, dan menghidupi visi tersebut dengan tetap memegang teguh Firman Allah. Sehingga dalam setiap langkahnya Allah senantiasa menyertai dan menjadikan Yusuf orang yang dipercaya dan dikenan oleh banyak orang, sampai akhirnya Firaun menjadikan Yusuf sebagai orang kepercayaan di tanah Mesir.

Jadilah orang muda yang luar biasa dengan tetap hidup takut akan Tuhan, maka Tuhan akan mengangkat Anda menjadi alat perkasa di tangan Tuhan. [YJP]