Minggu 3

DOA – API KEGERAKAN ROHANI

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA
Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)
BACAAN: KISAH PARA RASUL 4:23-31
Jemaat mula-mula selalu menjadi teladan yang baik dalam hal kegerakan rohani. Mereka adalah jemaat yang baru lahir, tetapi mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam berbagai aspek kehidupan. Mereka berlipat ganda secara jumlah, bergerak dalam Roh Tuhan, bersaksi dengan efektif dan memberi dampak yang luas. Tentu saja mereka adalah jemaat yang tidak melewatkan doa sebagai gaya hidup kegerakan. Doa semacam apakah yang mereka lakukan?

1. DOA MELAWAN KETAKUKAN (ay. 29)
Dalam teks yang kita baca di atas, tekanan yang kuat dari dari pihak pemerintah sedang dialami oleh jemaat. Ada ancaman yang serius bagi pemberitaan Injil, mulai dari penangkapan, pemenjaraan hingga pembunuhan. Mereka tentu mengalami ketakukan sebagai manusia normal, tetapi tidak terjebak dalam ketakutan itu. Mereka mengatasinya dengan berdoa kepada Allah agar mengulurkan tangan-Nya memberikan pertolongan. Ceritakanlah pengalaman Anda saat ketakutan hinggap tetapi teratasi oleh kuasa doa!

2. DOA MEMOHON PENGURAPAN (ay. 31)
Efek doa yang lain yang mereka dapatkan adalah kepenuhan Roh Kudus. Ketika mereka berdoa dalam kesehatian, tempat itu bergoyang dan Allah menyatakan urapan Roh-Nya. Kegerakan rohani hanya mungkin terjadi jika Roh Kudus mengurapai dan mengendalikan kehidupan kita. Tanpa itu semua, jangan-jangan kegerakan rohani kita adalah palsu dan tentu tidak akan awet bertahan. Pengurapan Roh Kudus yang berkuasa itu yang akan mengantar kita dari satu kegerakan rohani kepada kegerakan rohani yang selanjutnya. Hal-hal apakah di dalam kehidupan yang membuat kita meragukan urapan atau tidak mendapatkan urapan Roh Kudus?

3. DOA YANG MEMBANGKITKAN KEBERANIAN (ay. 31)
Begitu mereka mendapatkan pengurpan Roh Kudus dalam doa mereka, sirnalah ketakutan yang mereka alami. Ketakutan itu kini berubah menjadi keberanian untuk memberitakan Firman Tuhan kepada mereka yang belum percaya. Keberanian sejati timbul sebagai buah dari penyertaan Tuhan melalui Roh-Nya, bukan karena hal-hal semu yang kadang-kadang diandalkan secara keliru oleh orang percaya. Bagaimana peran doa dalam pemberitaan kabar baik sesuai apa yang Anda alami selama ini? Ceritakan!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)
Di dalam kehidupan di akhir zaman yang semakin kompleks dengan persoalan hidup, mintalah ‘api Tuhan’ membakar setiap kita dengan urapan-Nya.