Minggu I Agustus 2020

EKSELEN DALAM PELAYANAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: KEJADIAN 39:1-5

Arti sederhana dari ekselen melakukan lebih dari yang diharapkan. Pelayanan kita kepada Allah yang dirasakan dan dilihat sesama, sudah semestinya dilandasi niat memberikan yang terbaik. Kita akan belajar dari Yusuf dalam hal memberikan ekselensinya. Apa saja yang kita bisa teladani?

 

  1. EKSELEN DI SETIAP TEMPAT (AY. 2)

Ayat ini menyebut tentang Yusuf yang “selalu berhasil” dalam hal-hal yang dikerjakannya. Banyak faktor keberhasilan, tetapi salah satunya adalah karena melakukan hal-hal yang dipercayakan dengan semangat memberi yang terbaik. Semangat ini mendorong kita untuk tidak asal-asalan, karena itu dikerjakan dengan tekun dan teliti. Apapun juga yang dipercayakan kepada kita, mari kita kerjakan dengan lebih ekselen.

Ceritakan pengalaman Anda ketika melakukan sesuatu dengan tekun dan ekselen dan akhirnya berujung pada keberhasilan!

 

  1. EKSELEN BERSAMA TUHAN (AY. 3)

Usaha kita menentukan keberhasilan kita. Namun jangan pernah melupakan hal yang jauh lebih penting yaitu penyertaan Tuhan. Yusuf disertai Tuhan dan bahwa Tuhan membuat berhasil apa yang dilakukan Yusuf ditekankan dalam ayat ini. Alangkah luar biasanya jika kita melakukan sesuatu yang dilandasi niat tulus dan kemudian ditambah dengan penyertaan tangan Tuhan.

Ceritakan pengalaman Anda disertai dan dibuat berhasil oleh Tuhan!

 

  1. EKSELEN UNTUK MENJADI BERKAT (AY. 5)

“Tuhan memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf…” memberikan pelajaran agar kita menjadi berkat di manapun Tuhan menepatkan kita. Ujung dari hal-hal ekselen yang kita kerjakan adalah agar kita memeprmuliakan nama Bapa di sorga. Keberhasilan kita sekaligus menjadi cara kesaksian kita.

Bagaimana Anda membangun kebiasaan ekselen dalam pelayanan dan pekerjaan untuk menjadi berkat?

 

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Ambillah langkah konkrit untuk membangun etos kerja ekselen dalam pelayanan dan kehidupan pribadi kita.