Minggu ke-IV – Agustus 2020

HATI BAGI BANGSA TERCINTA

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: 1 PETRUS 2:11-17

Meskipun faktanya kekristenan adalah minoritas di Indonesia secara jumlah, tetapi tidak pernah menghalangi peran dan dampak yang ditimbulkan bagi bangsa ini. Sejak sebelum era kemerdekaan hingga sekarang, sejarah mencatat peran anak-anak Tuhan bagi bangsa ini. Apa yang kita pelajari dari nats ini untuk berperan bagi bangsa?

  1. TELADAN BAGI ORANG BANYAK (ay. 11-12)

Ada perintah untuk “milikilah cara hidup yang baik” ketika kita berada di dalam sebuah komunitas. Tujuannya adalah agar perbuatan kita itu membuat Allah dimuliakan dan Allah melawat orang-orang yang melihat kesaksian kita tersebut. Keteladanan kita akan berbicara banyak di tengah-tengah dunia yang miskin teladan seperti sekarang ini, jauh melebihi teori-teori yang bisa kita bangun.

Keteladanan seperti apakah yang Anda contohkan di dalam lingkungan Anda?

  1. TAAT PADA OTORITAS (ay. 13-14)

Untuk mengatur agar terjadi kertertiban dalam kehidupan, Tuhan menggunakan otoritas-otoritas yang ada di atas kita. Salah satu diantaranya adalah pemerintah yang menyelenggarakan hukum. Kepada mereka kita diperintahkan untuk tunduk dan taat, bukan karena mereka sudah sempurna memerintah, tetapi karena Allah yang menghendakinya. Tujuannya adalah keadilah: yang jahat dihukum, yang baik dihormati.

Apa yang seharusnya kita lakukan jika ternyata keputusan yang dilakukan pemerintah tidak sesuai dengan prinsip keadilan?

  1. TINDAKAN KASIH (ay. 17)

Cara berikutnya untuk mengasihi bangsa ini adalah dengan melakukan tindakan kasih yang nyata. Kita bisa melakukannya melalui kerjasama dengan berbagai pihak, baik lembaga pemerintah maupun swasta. Atau kita bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana yang kita lakukan sendiri untuk masyarakat sekitar, tetangga atau orang-orang yang kita kenal.

Ceritakanlah pengalaman Anda dalam menerapkan prinsip ini!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Rencanakan outing bersama dalam kelompok untuk menunjukkan kasih yang nyata bagi bangsa tercinta.