Minggu ke-V – Agustus 2020

MENJADI TERANG DI DUNIA KERJA

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: KOLOSE 3:22-4:2

Kebanyakan dari kita menjalani keseharian di marketplace, di dunia kerja atau di tempat kita berusaha. Tempat itulah yang menjadi wilayah atau lapangan kesaksian kita. Itulah tempat yang dalam keseharian menjadi “mimbar” pemberitaan kita. Bagaimana menghidupi kesaksian di tempat itu:

  1. BEKERJA DENGAN JUJUR DAN TULUS HATI (3:22)

Melakukan prinsip ini di tengah dunia memang tidak mudah. Kita dikelilingi oleh situasi menyudutkan yang menuduh kita: sok suci, sok jujur, dll. Kejujuran dan integritas malah menjadi sesuatu yang aneh di dalam dunia ini. Tetapi bagaimanapun kita tetap berusaha melakukannya sebagai bagian dari kesaksian kita di dunia kerja.

Ceritkanlah bagaimana pengalaman Anda tentang betapa beratnya menerapkan prinsip ini di tengah-tengah dunia kerja!

  1. BEKERJA DENGAN TEKUN (3:23-24)

Kunci mengerjakan sesuatu dengan tekun adalah dengan selalu mengingat bahwa kita tidak melakukannya untuk diri sendiri, tetapi untuk Tuhan. Untuk Tuhan kita selalu memberi yang terbaik dan dipersiapkan dengan matang. Ketika kita melakukannya dengan tekun, maka Tuhan akan memberikan kepada kita upah yang disediakan-Nya.

Apa hambatan utama untuk memiliki sikap tekun bekerja? Bagaimana Anda mengatasi hal tersebut?

  1. BEKERJA BERSAMA TUHAN (4:1-2)

Kita juga harus mengambangkan sikap berserah kepada Tuhan atas apa yang kita lakukan. Jika kita adalah pimpinan, kita harus selalu mengingat bahwa masih ada Tuhan di atas segalanya. Kunci keberhasilan kita bukan pada posisi, tetapi karena penyertaan dan berkat Tuhan. Dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan syukur dan meminta pertolongan Tuhan, terletak keberhasilan kita.

Merasa bisa dan mampu adalah hambatan untuk “bekerja bersama Tuhan”. Pernahkah Anda mengalaminya dan akhirnya mengalami kegagalan? Ceritakan!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Apapun juga yang kita kerjakan, hendaklah kita senantiasa mengingat untuk melakukannya dengan jujur, tekun dan berserah.