November – Minggu 1

PENINGKATAN IMAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: YOHANES 3:1-13

Nikodemus adalah salah seorang anggota kelompok Farisi, komunitas yang secara umum berseberangan pendapat dengan Tuhan Yesus. Mereka berusaha dengan gigih untuk mencari kesalahan Yesus agar cukup bukti dan tuduhan untuk menangkap dan menghukum-Nya. Alkitab menyebut beberapa kali terjadi perdebatan antara Yesus dan kelompok itu. Tetapi Nikodemus merupakan sosok yang berbeda dengan angota Farisi yang lain. Ia justru mengalami proses peningkatan iman kepada Yesus:

1. BELAJAR DARI YANG DIIMANI (Yoh 3:1-2)

Pertama-tama, dia mau belajar dari Yesus, orang yang selama ini dimusuhi kelompoknya. Dengan kerendahan hati, ia datang kepada Yesus waktu malam untuk mendapatkan sesuatu yang baru dari Kristus. Seorang yang bergelar “pengajar Israel” (rabbi) tetapi masih mau belajar hal yang baru. Dia ingin mendengar dari ajaran Yesus tentang bagaimana menjadi bagian di dalam Kerajaan Allah. Dari ajaran Yesus itulah imannya mulai bertumbuh. Apa yang Anda akan teladani dari Nikodemus berkaitan dengan point ini?

2. BERANI MEMBELA YANG DIIMANI (Yoh 7:45-52)

Langkah berikutnya dari seorang yang bertumbuh imannya adalah timbulnya keberanian untuk membela kebenaran. Dan inilah yang dialami oleh Nikodemus. Dengan berani ia menyatakan pembelaan terhadap Yesus di hadapan orang-orang Farisi. Tentu saja membutuhkan keberanian mengambil resiko di dalam hal ini. Bisa saja ia kehilangan posisinya sebagai orang Farisi. Tetapi demi kebenaran, Nikodemus berani membela Yesus yang diimaninya. Ceritakanlah pengalaman Anda menyatakan kebenaran Kristus dalam keadaan yang tidak Anda kehendaki?

3.BERKORBAN BAGI YANG DIIMANI (Yoh 19:38-41)

Sesudah rindu belajar dan berani membela kebenaran, Nikodemus melanjutkan peningkatan imannya dengan berkorban bagi Kristus. Ia membawa kain kafan bagi Yesus, juga membawa campuran minyak mur dan gaharu 5o kati beratnya. Ini adalah harga yang mahal, tetapi ia rela melakukannya untuk Kristus yang telah mati menjadi Penebus baginya. Apa hambatan utama Anda untuk rela berkorban bagi Kristus?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Milikilah komitmen yang tinggi untuk mengalami peningkatan iman di dalam hidup kita. Tuhan merindukan pertumbuhan, bukan stagnasi.