November – Minggu 2

IMAN MENGATASI KESULITAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: MARKUS 5:21-24; 35-43

Yairus adalah seorang kepala rumah ibadat yang meneladankan tentang bagaimana iman berfungsi untuk mengatasi kesulitan hidup. Anak perempuannya sakit dan hampir mati, lalu ia datang kepada Yesus untuk meminta pertolongan. Tetapi rupanya Yesus ‘dijeda’ dulu untuk menyembuhkan seorang perempuan yang sakit pendarahan. Bagaimana iman Yairus bekerja?

1. YAIRUS DATANG KEPADA YESUS (ay. 22)

Yairus memilih dengan tepat ketika ia datang kepada Yesus. Ia tidak memilih untuk meminta pertolongan kepada pihak lain. Kita yang memiliki masalah pada masa kini kadang-kadang tergoda untuk pergi ke alamat yang keliru ketika meminta pertolongan. Kita datang kepada sumber-sumber di luar Yesus. Masalah tidak selesai, atau jika selesai, maka penyelesaian semulah yang kita dapatkan. Bagaimana Anda mengaplikasikan kebenaran ini di dalam hidup Anda, ketika ada masalah selalu datang kepada Yesus?

2. YAIRUS TERSUNGKUR DI KAKI YESUS (ay. 22b)

Istilah ‘tersungkur’ berasal dari bahasa Yunani ‘piptei’, ‘pipto’ artinya ‘sujud’ atau ‘jatuh tersungkur.’ Ini sebuah tindakan kesungguhan didasari kerendahan hati di hadapan Tuhan. Status sosialnya sebagai kepala rumah ibadah tidak dia hiraukan lagi. Kerumunan banyak orang tak menghambatnya untuk tersungkur di kaki-Nya. Gengsi karena posisi sering menjadi hambatan seseorang untuk tersungkur di kaki Tuhan dan merendahkan diri. Bagi Anda, hambatan apa yang paling merintangi ketika hendak merendahkan diri di hadapan Tuhan? Bagaimana mengatasinya?

3. YAIRUS MEMOHON DENGAN SANGAT KEPADA YESUS (ay. 23)

Memohon dengan sangat (parakalei) berarti berseru atau meminta dengan desakan. Yairus tidak hanya sekedar meminta sambil lalu, tetapi ia lanjutkan tindakan merendahkan dirinya dengan permohonan dengan sangat kepada Yesus. Ini menunjukkan sebuah keseriusan dalam permintaan. Pada akhirnya Yairus mendapatkan jawaban meskipun anaknya sudah mati sekalipun. Anaknya dibangkitkan-Nya kembali dari kematian. Apakah Anda pernah mengalami pergumulan berat seperti Yairus? Bagaimana Anda memfungsikan iman Anda?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Mungkin ada anggota kelompok yang sedang mengalami kesulitan khusus. Mintalah untuk sharing beban, lalu doakan dengan iman yang disertai kerendahan hati dan keseriusan permohonan. Tuhan sedang bekerja dan membuka jalan.