Olahraga Satu Jam Tiap Pekan Baik untuk Kesehatan Mental

08ed1fd0-d085-4330-8229-b13be98e57dc_43

Jika Anda merasa kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga. Jangan menyerah dulu, paling tidak lakukan olahraga satu jam setiap minggu, sudah memperlihatkan hasil positif pada kesehatan mental. Baru-baru ini studi mengungkapkan bahwa olahraga yang tidak terlalu intensif bisa mencegah depresi.

Hasil yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry, menunjukkan bahwa orang-orang dari segala usia dapat memperoleh manfaat kesehatan mental dari sejumlah olahraga intenstitas ringan. Analisis yang melibatkan 33.908 orang dewasa Norwegia ini peneliti menemukan bahwa 12 persen kasus depresi bisa dicegah jika peserta melakukan aktivitas fisik satu jam setiap minggu.

“Kami telah mengetahui beberapa waktu bahwa olahraga memiliki peran dalam mengobati gejala depresi, namun ini adalah pertama kalinya kami dapat mengukur potensi pencegahan aktivitas fisik dalam hal mengurangi tingkat depresi di masa depan,” kata Samuel Harvey, Associate Professor di Black Dog Institute dan University of New South Wales di Australia, seperti dilansir dari laman Indian Express.

“Temuan ini sangat menarik karena menunjukkan bahwa jumlah latihan yang relatif sedikit, satu jam per minggu dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap depresi,” kata Harvey.

Para periset percaya bahwa aktivitas fisik atau berolahraga bukan hanya bermanfaat bagi fisik maupun sosial, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

“Jika kita dapat menemukan cara untuk meningkatkan tingkat aktivitas fisik bahkan dengan jumlah kecil, maka ini kemungkinan akan membawa manfaat kesehatan fisik dan mental yang substansial,” pungkas Harvey.

Sumber : DETIK