Rabu, 1 Juli 2020

Online On

“…sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (Ulangan 31:6b)

Sejak pandemi Covid-19 menyerang, seorang kepala keluarga kehilangan pekerjaan tetapnya, kemudian mulai mencari cara dan usaha baru agar dapat bertahan hidup. Singkat cerita, mulai berjualan online sebuah produk, kemudian ia berpikir kreatif dan mulai menambah jualannya dengan produk lainnya juga. Ia mulai mendapat satu pelanggan setia untuk produk tertentu dan semakin banyak bahkan untuk produk-produk lainnya, sampai para pelanggan tersebut menjadi pelanggan setia. Dengan mempertahankan kualitas dan penyesuaian harga yang masuk akal, usaha bapak ini akan terus berjalan, bahkan jika di bandingkan dengan usahanya sebelum Covid-19, pekerjaan yang ia jalani di tengah-tengah Covid-19 hingga hari ini jauh lebih baik, juga ia dapat menjalin relasi yang jauh lebih luas.

Memasuki bulan yang ke tujuh di tahun 2020, kita percaya Tuhan bekerja dengan cara yang ajaib untuk setiap umat-Nya. Optimisme dan harapan semakin kuat, sebab kita percaya rancangan Tuhan yang indah terjadi dalam setiap musim hidup kita. Seperti kisah bapak di atas, ditengah-tengah pandemi ini, anak-anak Tuhan di ajak untuk berpikir kreatif dan berinovasi untuk dapat bertahan di tengah krisis. Walau keadaan sulit tapi tidak membuat kreatifivitas kita mati. Tuhan sebagai Sang Sumber yang tidak pernah terbatas, menciptakan bumi dan segala isinya baru kemudian di hari yang ke-6, Tuhan membentuk manusia. Tidak perlu takut, penyediaan Tuhan tidak terbatas bagi umat-Nya.

Sahabat NK, hari-hari ini sepertinya apa yang kita pernah kerjakan banyak yang sudah tidak relevan, tidak mampu menjawab kebutuhan. Namun, Tuhan mampu menciptakan segala sesuatu, kita sebagai anak Tuhan diberikan kuasa untuk bangkit dan menjadi terang. Minta pimpinan Tuhan untuk melangkah, melakukan perkara yang besar, agar tetap ‘ON’ atau menyala – bernyawa – bergerak  di tengah situasi ini. Beberapa hal harus di sesuaikan, di tata ulang atau bahkan ditinggalkan. Namun demikian Tuhan selalu menolong kita, Tuhan ada dan melihat, Tuhan tidak akan tinggal diam, segala seuatu Tuhan perbuat agar kita ‘ON’ terus. [WH]