Rabu, 9 Januari 2019

 

SARUNG TANGAN

“Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus” (Roma 1:6)

Sarung tangan yang tergeletak di meja, diminta si empunya untuk dia bergerak membersihkan meja makan sendiri. Pastinya, mau berulang kali si empunya berkata ke sarung tangan itu untuk melakukan perintahnya tak akan terjadi. Meskipun dengan lembut hati sampai dengan suara yang keras bahkan mungkin dengan kata-kata motivasi untuk menguatkan sarung tangan, dia tidak akan bisa melakukan fungsinya.

Berbeda ketika si empunya memasukkan tangannya ke dalam sarung itu. Apapun kemauan si empunya sarung akan terpenuhi. Sarung tangan itu akan berfungsi dengan baik.

Berapa kali kadang ketika kita dengan pongah merasa mengerti segala hal dalam kehidupan. Kita bisa melakukan segala hal dalam hidup dengan kekuatan kita, dengan kepintaran kita, kemampuan kita, relasi kita. Kita tidak butuh Tuhan. Ini tidak hanya ditujukan kepada orang yang tidak mengenal Tuhan. Kitapun, yang orang-orang mengenal Allah, sudah terlibat pelayanan, masih melakukan segala sesuatu dengan kekuatan kita sendiri. Lupa, kalo ada Tuhan yang berkuasa atas hidup kita, Dialah Allah pencipta kita untuk suatu maksud yang mulia. Pertemuan kita dengan Allah si pencipta kita membuat hidup kita bermakna. Seperti sarung tangan yang bisa berfungsi dengan baik, begitulah ketika Tuhan bertahta dalam hidup kita dan memimpin kita dalam segala aspek hidup kita. Dalam kehidupan pribadi, keluarga, maupun masa depan, ketika Dia ada bersama kita, hidup kita akan bermakna dan menjadi alatNya untuk kemuliaanNya.

Sahabat NK, berapa sering kita lalai melibatkan Allah yang Maha Kuasa dalam hidup kita? Mulailah kembali hari ini ambil waktu untuk berbicara denganNya, memberikan ruang untuk Allah bertahta dalam hidup kita dan memimpin dalam segala kondisi apapun. Ketika perjumpaan dengan Allah terjadi maka percayalah kita akan makin tahu apa yang harus kita lakukan dan kita makin efektif menjadi alatNya. Karena kitalah sarung tangannya Tuhan. [NO]