Saat Stress dan Panik, Lakukan Saja Cara Pernapasan Sederhana Ini

170404140652

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa menarik napas dalam-dalam ternyata sangat ampuh untuk menenangkan kembali syaraf otak yang tegang. Hasil ini didapatkan setelah para ilmuwan melakukan uji coba pada sel-sel syaraf otak pada tikus. Dan menemukan hubungan antara aktivitas otak dan sistem pernapasan dengan bagaimana tikus berperilaku dan tenang.

Saat para ilmuwan mengabaikan cara kerja sel-sel ini, mereka menemukan bahwa tikus masih bisa bernapas dengan normal tapi tidak bisa tenang. Penemuan ini diyakini sangat berguna sebagai alternatif pengobatan terapis untuk membantu orang yang memiliki serangan kecemasan, stres dan panik.

Seperti diketahui, saat kita bernapas kita memang melakukannya secara tidak sadar dan dianggap sebagai irama mendasar kehidupan. Seperti halnya saat hewan menghirup oksigen untuk memproduksi energi yang ditransformasi ke sel-sel tubuh lalu kemudian membuang karbon dioksida, hasil dari respirasi yang terjadi dalam tubuh.

Berdasarkan uji coba ini, para ilmuwan menemukan bahwa saat kita mengambil napas panjang, lambat, dan dalam ternyata bisa memiliki efek menenangkan dan baik untuk mengurangi stress. Karena itu saat seseorang sedang panik dan justru mengambil napas pendek dan cepat, tingkat kepanikannya pasti akan jauh lebih buruk.

Hal ini terjadi karena sirkuit saraf di seluruh otak memiliki fungsi untuk mengatur pernapasan. Meskipun hingga saat ini belum diketahui pasti jalur saraf yang menghubungkan pernapasan dengan kondisi emosional pada manusia.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, bernapaslah dengan teknik yang benar yaitu dengan menarik napas panjang dan dalam. Hiruplah napas dari hidung sebanyak-banyaknya sampai perut membesar kemudian tahan untuk awalnya bisa 30 detik. Lalu buang udara melalui mulut sampai perut mengempis kembali. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, tahan dan buang napas dengan jeda waktu yang sama. Misalnya menghirup udara 30 detik, tahan selama 30 detik dan buang dalam waktu yang sama.

Jadi, bagi kamu yang sedang diserang panic atau stress, mulailah mengambil langkah sederhana ini: menarik napas panjang kemudian mengeluarkannya perlahan, dijamin kamu bakal merasa lebih tenang dan rileks.

Sumber : Livescience.com/jawaban.com