Selasa, 12 Februari 2019

 

Setirnya Banting Kiri Terus

“…yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-NYA yang mulia, menurut kuasa-NYA yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-NYA “ (Filipi 3:21)

Saya punya mobil pickup yang usianya sudah cukup lama, namun sangat membantu. Walaupun sudah dibilang tua, tenaga mobil ini masih bagus. Mesinnya saya rawat, hanya dari body atau cat, memang terlihat bukan mobil baru. Suatu hari, sepulang dari bengkel, untuk diservis, supir saya bilang, “Mobil ini setirnya jadi berat, banting ke kiri terus, Pak”. Setahu saya, di bengkel tadi disampaikan ke mekaniknya bahwa mobil di kecepatan tertentu setirnya bergoyang.

Akhirnya saya minta agar mobil dibawa ke bengkel ban. Di sana mobil di spooring. Namun waktu diperiksa oleh teknisinya, ternyata didapati bahwa baut cembernya haus, ban menjadi miring dan jadi agak berat. Karena mobil pickup ini cukup berarti dan diperlukan sekali, saya ingin yang terbaik. Bautnya memang kecil, tapi harganya luar biasa. Setelah diganti bautnya dan dispooring, mobil jauh lebih enak dikemudikan. Setir sudah tidak banting kiri lagi dan ringan waktu memutar nya.

Saya renungkan, bahwa kita ini manusia yang hina, sama seperti mobil tadi. Tubuh kita tidak kudus, sering kita perlu menghampiri hadiratNYA. Kita perlu memperbaiki kehidupan rohani kita, perlu selalu check up. Teknisi tadi, bisa menemukan permasalahannya, Tuhan Yesus melalui Roh Kudus sering mengingatkan kita juga.

Mungkin hanya dengan perbaikan kecil seperti baut cember yang walaupun kecil tapi berharga, demikian juga hadirat Roh Kudus yang mungkin sering kita abaikan, tapi sangat luar biasa menolong kita. Jangan lupa, supaya kita tidak terbanting ke titik dosa, kita perlu cek up dan intim dengan Roh Kudus. Turut dengan Roh Kudus, membuat kita berubah, dari tubuh yang hina menjadi jauh lebih berharga. [JA]